Sekilas Info :
Sabtu, 22 Jun 2024
  • Website Resmi Kepolisian Resor Tegal Kota

Peringati Hari Pramuka, 18 Orang Pembina di Kota Tegal Dapat Lencana Penghargaan

Diterbitkan : - Kategori : Berita


Kota Tegal – Memperingati Hari Pramuka ke 61, Pemerintah Kota Tegal menggelar upacara di Bumi Perkemahan (Buper) Bahari Kota Tegal di Jalan Halmahera, Senin (15/8/2022) pagi.
.
Ditahun ini, upacara Peringatan Hari Pramuka ke 61 mengangkat tema “Mengabdi Tanpa Batas Untuk Membangun Ketangguhan Bangsa”. Bertindak sebagai Inspektur upacara, Walikota Tegal H. Dedy Yon Supriyono, SE, M.M.
.
Hadir dalam kegiatan upacara peringatan Hari Pramuka ke-61 pagi ini jajaran Forkopimda, para tamu undangan dari guru pengajar, pembina pramuka dan jajaran Kwartir Cabang Kota Tegal serta para pelajar pramuka penggalang perwakilan dari tingkat SMP di Kota Tegal sebagai peserta upacara.
.
Pada upacara tersebut diberikan tanda penghargaan yaitu Lencana Melati, Lencana Pancawarsa dan Lencana Darma Bakti kepada para pembina pramuka atas jasanya membina dan mengembangkan gerakan pramuka.
.
Lencana tersebut diberikan kepada 18 orang pembina, terdiri dari 1 orang untuk Lencana Melati, 3 orang untuk Lencana Darma Bakti dan 14 orang untuk Lencana Pancawarsa. Masing-masing penerima juga mendapatkan piagam penghargaan.

Secara langsung, lencana penghargaan disematkan oleh Walikota Tegal H. Dedy Yon Supriyono kepada para penerima.
.
Dalam amanatnya, Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono yang membacakan sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Komjen Pol. (Purn.) Drs. Budi Waseso menyebutkan, bahwa organisasi pendidikan kepanduan Praja Muda Karana genap berusia 61 tahun. Tahun ini pula sekaligus memperingati 110 tahun keberadaan gerakan kepanduan di bumi Indonesia yang telah ada sejak tahun 1912.
.
Sesuai dengan tema utama peringatan Hari Pramuka ke 61 dan semua kegiatan tingkat nasional pada tahun ini adalah “Mengabdi Tanpa Batas Untuk Membangun Ketangguhan Bangsa” menunjukan tekad untuk terus mengabdi tanpa batas di berbagai bidang.
.
Pengabdian yang dilakukan adalah bagian dari pendidikan di dalam gerakan pramuka. Sejak usia pramuka siaga, telah dididik untuk memberikan perhatian terhadap sesama, siap membantu orang lain yang membutuhkan pertolongan. Bisa dimulai dengan cara-cara sederhana, dan dilakukan di lingkungan keluarga masing-masing maupun di lingkungan masyarakat.

Semua bentuk pengabdian yang dilakukan juga sejalan dengan kode kehormatan, yaitu Dwi Satya dan Dwi Darma untuk pramuka siaga, serta Tri Satya dan Dasa Darma untuk golongan pramuka lainnya.
.
Disemua kode kehormatan gerakan pramuka ditekankan pentingnya nilai-nilai positif, seperti bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, diwujudkan dengan saling menolong dalam semangat persaudaraan tanpa membeda-bedakan suku, agama, ras, dan antar golongan.
.
Usai upacara peringatan Hari Pramuka, ditampilkan senam tongkat dan semaphore dari pramuka penggalang SMP Negeri 9 Kota Tegal.