Sekilas Info :
Sabtu, 13 Jul 2024
  • Website Resmi Kepolisian Resor Tegal Kota

Peringati Hari Pahlawan, Forkopimda Kota Tegal Gelar Ziarah Tabur Bunga di Laut

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Kota Tegal – Walikota Tegal H. Dedy Yon Supriyono bersama jajaran Forkopimda Kota Tegal melaksanakan upacara tabur bunga memperingati Hari Pahlawan di Dermaga Pelabuhan Tegal, Jum’at (10/11/2023).

Sebelum kegiatan di pelabuhan, juga dilaksanakan upacara tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Pura Kusuma Negara Kota Tegal.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Dansatradar 214 Tegal, Kasdim 0712/Tegal, Wakapolres Tegal Kota, Ketua Pengadilan Negeri Kota Tegal, Kasi Intel Kejaksaan Negeri Kota Tegal serta para tamu undangan lainnya.

Bertindak selaku inspektur upacara adalah Komandan Lanal Tegal, Letkol (P) Adi Surono, ST, MTr. Hanla, CTPM. Kemudian untuk Komandan upacara Kapten Laut (PM) Muzai Nurido, ST. Han.

Pada kesempatan tersebut, Danlanal Tegal Letkol (P) Adi Surono berpesan kepada kita semua sebagai generasi muda. Untuk senantiasa meneladani para pahlawan. Hal itu bisa kita lakukan dengan mencontoh perilaku dan keteguhan hatinya. Dalam berjuang untuk meraih cita-cita kemerdekaan.

Selain itu, generasi muda juga harus memiliki peran aktif, dalam perjuangan di masa sekarang.

“Untuk para generasi muda, pada peringatan Hari Pahlawan tahun 2023 ini, kami mengajak untuk selalu meneladani para pahlawan,” pesannya.

Letkol (P) Adi Surono juga mengatakan, kegiatan tabur bunga di laut ini, adalah merupakan sarana untuk mengenang kembali jasa para pahlawan. Yang telah berjuang, khususnya mereka yang dahulu bertempur di lautan.

Letkol (P) Adi Surono menambahkan, Kota Tegal memiliki nilai sejarah yang besar bagi pejuang laut Republik Indonesia. Sejak jaman kemerdekaan, para pejuang sudah memikirkan kedaulatan wilayah laut Indonesia.

Pada masa itu banyak peristiwa heroik yang dilakukan oleh pahlawan laut. Dan sebagian besar adalah alumni dari Sekolah Angkatan Laut Tegal. Seperti Komodor Yos Sudarso, Ali Sadikin dan komandan KRI Gajah Mada Kapten Samadikun.

“Karena itu kita harus kuat, kita harus mampu menghadapi tantangan kedepan. Bahwa laut menyimpan tantangan, demikian juga laut menyimpan potensi untuk kehidupan pada masa depan,” pungkasnya.