Sekilas Info :
Jumat, 19 Apr 2024
  • Website Resmi Kepolisian Resor Tegal Kota

Peringati Hari Bhayangkara ke-76, Polres Tegal Kota Gelar Upacara Secara Virtual

Diterbitkan : - Kategori : Berita


Kota Tegal – Polres Tegal Kota melaksanakan Upacara dalam rangka Hari Bhayangkara ke -76 tahun 2022, secara sederhana dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Upacara diselenggarakan secara virtual bertempat di halaman Mapolres setempat, Selasa (5/7/2022).
.
Meski dilaksanakan secara virtual dan sederhana namun tidak menghilangkan esensi dari peringatan Hari Bhayangkara itu sendiri. Dengan tema “Polri yang Presisi Mendukung Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural Untuk Mewujudkan Indonesia Tangguh – Indonesia Tumbuh”.
.
Kapolres Tegal Kota melalui Wakapolres menyampaikan, bahwa ini merupakan tugas Polri yang tidak mudah.Tema ini mengandung makna bagaimana Polri khususnya di Kota Tegal melakukan kegiatan dalam rangka mendukung pertumbuhan ekonomi baik secara nasional maupun yang ada di daerah setelah pandemi Covid 19.

“Ini merupakan perwujudan panggilan tugas yang harus dilaksanakan dan mohon dukungan dari masyarakat,”terang Wakapolres.
.
Sementara dalam sambutannya Presiden Joko Widodo selaku Inspektur Upacara yang dipusatkan di lapangan Bhayangkara Akademi Kepolisian Semarang, mengucapkan selamat Hari Bhayangkara ke 76 serta mengapresiasi terhadap Polri dalam melayani masyarakat serta membela bangsa dan negara.
.
“Saya dan seluruh rakyat Indonesia menaruh harapan besar terhadap Polri, kewenangan Polri sangat besar, organisasi Polri menembus sampai tingkat desa dan setiap hari anggota Polri bersentuhan langsung dengan masyarakat, bersentuhan langsung dengan rakyat, “ungkap Presiden Jokowi dalam amanatnya.
.
Presiden juga menyampaikan, bahwa dimanapun Polri berada selalu dalam pengamatan dan penilaian rakyat. Masyarakat selalu menilai apakah prilaku Polri sudah sesuai dengan harapan rakyat.

Untuk itu Presiden Jokowi berpesan agar jangan sampai ada anggota Polri yang melakukan perbuatan ceroboh, yang dapat merusak nama baik institusi Polri.
.
“Oleh karena itu saya berpesan bekerjalah dengan hati-hati, bekerjalah dengan presisi, “pesan Presiden.
.
Presiden Jokowi menambahkan di tengah keseriusan Polri dalam menangani Covid 19, Polri jangan lengah terhadap tugas pokok yaitu melayani masyarakat untuk memelihara kamtibmas, dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, oleh karenanya Polri harus lebih maju dengan menguasai Ilmu pengetahuan dan teknologi, jangan sampai kalah dengan para pelaku kejahatan.
.
Lebih lanjut, Presiden menyampaikan bahwa Polri juga harus mendukung agenda nasional yaitu diantaranya Pembangunan Ibukota Negara, diharapkan Polri harus dapat mengawal agar pembangunan dapat berjalan lancar dan tepat waktu.
.
Kemudian agenda KTT G20, agenda besar pesta demokrasi baik pileg, pilpres dan pilkada serentak di tahun 2024, agar diantisipasi dengan baik, berikan dukungan dengan menciptakan situasi kamtibmas yang maksimal agar semua kegiatan dapat berjalan dengan lancar.
.
Presiden berharap, bahwa Polri harus presisi dalam menjalankan kewenangan, dalam membuat keputusan harus menjunjung tinggi norma – norma masyarakat. Selain itu dalam menghadapi masyarakat yang sangat komplek, Polri harus bisa mengedepankan upaya pencegahan dalam menjaga kamtibmas. Jadikan penegakkan hukum sebagai upaya terakhir, taat prosedur dan menjunjung tinggi Hak Azazi Manusia.
.
“Teruslah memberikan pengabdian terbaik untuk negara Indonesia dan teruslah menjadi Polri yang presisi dalam menghadapi kemajuan zaman,” tutupnya.