Sekilas Info :
Kamis, 18 Apr 2024
  • Website Resmi Kepolisian Resor Tegal Kota

Peringatan HKN ke-58 Tingkat Kota Tegal, Bangkit Indonesia ku, Sehat Negeri ku

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Kota Tegal – Kapolres Tegal Kota AKBP Rahmad Hidayat menghadiri kegiatan Apel besar dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 bertempat di depan Pendopo Ki Gede Sebayu Komplek Balaikota Tegal, Sabtu (12/11/2022) pagi.
.
Sebelum pelaksanaan kegiatan Apel besar ini, terlebih dahulu dimeriahkan dengan penampilan tari endel.
.
Bertindak sebagai Pembina Apel Pj. Sekda Kota Tegal yang juga selaku Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal dr. Sri Primawati Indraswari, dengan mengangkat tema “Bangkit Indonesia ku, Sehat Negeri ku”.
.
Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin dalam amanatnya yang di bacakan oleh Pj. Sekda Kota Tegal dr. Sri Primawati Indraswari menyampaikan bahwa tema ini dipilih untuk menggambarkan bangkitnya semangat dan optimisme seluruh lapisan masyarakat Indonesia yang secara bersama, bahu membahu, dan bergotong royong dalam menghadapi situasi kesehatan di masa pandemi Covid-19.

“Dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia, bangsa Indonesia telah membuktikan dirinya sebagai bangsa yang tangguh, ” ungkap Menkes.
.
Masyarakat di dusun dan kampung saling melindungi dan saling berbagi. Ulama, tokoh agama, dan tokoh adat, aktif mendampingi masyarakat. Organisasi sosial keagamaan bergerak cepat membantu masyarakat. Tenaga kesehatan, TNI, Polri dan jajaran birokrasi saling bersinergi.
.
Lembaga-lembaga negara juga mendukung pemerintah dalam menghadapi ketidakpastian ini. Karakter bangsa Indonesia sebagai pejuang, saling peduli, bergotong-royong merupakan modal utama kita bisa segera mengatasi pandemi ini.
.
“Pandemi juga menjadi momentum bagi pemerintah untuk terus berbenah, melakukan transformasi pada sistem kesehatan di tanah air,” tegas Menteri Kesehatan dalam amanatnya.

Sementara itu pada kesempatan tersebut, Pj. Sekda Kota Tegal dr. Sri Primawati Indraswari menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini. Tentunya ini menjadi momentum untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga kesehatan. Karenanya, sosialisasi dan edukasi kesehatan harus terus dimasifkan.
.
Pada peringatan HKN ke-58 tahun 2022 ini, dirinya berharap sejumlah permasalahan kesehatan seperti angka stunting, open defecation free (ODF) atau buang air besar sembarangan, dan angka kematian ibu hamil dapat ditekan. Di samping itu, anak-anak dapat tumbuh kembang dengan baik dan sehat.
.
dr. Prima juga memberikan selamat dan apresiasi kepada insan kesehatan di Kota Tegal yang telah meraih prestasi Nasional sebagai juara II peningkatan profil kesehatan tingkat kabupaten/kota di Indonesia tahun 2022.

“Diharapkan dengan perolehan prestasi ini, dapat memberikan energi yang baik bagi insan kesehatan Kota Tegal dalam memacu penguatan kesejahteraan kesehatan bagi masyarakat,” harap dr. Prima.
.
Setelah kegiatan Apel besar selesai, kemudian acara dilanjutkan dengan pemberian penghargaan yang diserahkan langsung oleh dr. Sri Primawati Indraswari serta ditutup dengan pemotongan tumpeng dan ramah tamah di halaman Pendopo Ki Gede Sebayu Kota Tegal.