Sekilas Info :
Rabu, 24 Apr 2024
  • Website Resmi Kepolisian Resor Tegal Kota

Pembentangan Merah Putih Ukuran Raksasa, Warnai Apel Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih di Kota Tegal

Diterbitkan : - Kategori : Berita


Kota Tegal – Bendera Merah Putih berukuran raksasa dengan panjang 55 x 35 meter, ikut dibentangkan dalam acara Apel Bersama Pencanangan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih Tahun 2022 yang diselenggarakan di Jalan Pancasila Kota Tegal, Jumat (12/8/2022) pagi.
.
Bendera dibentangkan oleh puluhan orang mulai dari Taman Pancasila hingga menuju ke arah barat jalan Pancasila tepat didepan gedung Water Leding dengan diiringi lagu Tanah Air Beta. Suasana haru, bangga, bercampur aduk ditengah teriak histeris dan tepuk tangan peserta apel dan warga yang turut menyaksikan acara tersebut.
.
Walikota Tegal, H. Dedy Yon Supriyono, S.E., M.M dalam sambutannya menyampaikan dengan pembentangan bendera tersebut merealisasikan program Pemerintah Pusat yang bertajuk Indonesia 10 Juta Bendera Merah Putih.
.
“Kita jadikan Kota Tegal ini warna Merah Putih, kita ajak masyarakat, baik secara pribadi , kelompok, organisasi, kemasyarakatan, unsur pemerintah maupun swasta untuk mengibarkan bendera Merah Putih. Kita harus dukung dan sukseskan program 10 Juta Bendera Merah Putih, kita tunjukkan nasionalisme kita lewat Bendera Merah Putih sebagai identitas, simbol dan alat pemersatu bangsa Indonesia agar semakin kuat,” ujar Walikota.

Sebelum kegiatan pembentangan bendera Merah Putih yang berukuran raksasa tersebut, terlebih dahulu diadakan penyerahan bendera Merah Putih secara simbolis untuk masyarakat dilakukan oleh Walikota Tegal.
.
Kegiatan tersebut menurut Walikota, bertujuan untuk menggalang semangat dan partisipasi swadaya masyarakat agar semakin mencintai Indonesia.
.
Walikota menyerukan bahwa pengibaran bendera Merah Putih wajib dilakukan di depan rumah warga. Seruan itu harus digaungkan oleh lurah dan camat agar diteruskan ke ketua RT dan RW setempat. Warga juga kembali dihimbau untuk secara mandiri mengibarkan Merah Putih di rumah masing-masing, juga digelorakan semangat tema peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 77, “Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat”.
.
“Saat ini, kita hanya tinggal mengisi kemerdekaan dan menghormati serta menghargai jasa-jasa para pahlawan, karena itu bagi warga yang tidak mengibarkan bendera Merah Putih, akan diberikan pembinaan dan peringatan,” tegasnya.

Pengibaran Merah Putih, lanjut Walikota, adalah bukti nasionalisme yang tinggi, sebagai bentuk rasa syukur dan apresiasi kepada para Pejuang Kemerdekaan dan untuk meningkatkan nasionalisme. Merah Putih di bulan Agustus ini harus berkibar sebulan penuh.
.
Walikota berharap giat tersebut menumbuhkan sekaligus meningkatkan kesadaran masyarakat yang kuat hingga di masa mendatang serta menjadi contoh penanaman nilai-nilai kebangsaan.