Sekilas Info :
Jumat, 19 Apr 2024
  • Website Resmi Kepolisian Resor Tegal Kota

Pelatihan Diksar Satpam Angkatan ke 19, Resmi Dibuka oleh Wadirbinmas Polda Jateng

Diterbitkan : - Kategori : Berita


Kota Tegal – Sebanyak 80 orang calon anggota Satpam mengikuti Pendidikan Pelatihan Dasar (Diklat) Satuan Pengamanan (Satpam) Gada Pratama Angkatan XIX Tahun 2022 yang dilaksanakan oleh Polda Jateng bekerjasama dengan PT Rian Jaya Perkasa (RJP) Kota Tegal
.
Secara resmi Diklat Satpam Gada Pratama yang akan dilaksanakan selama 14 hari di Pusdiklat PT. Rian Jaya Perkasa, Kecamatan Tegal Selatan Kota Tegal ini dibuka oleh Wadirbinmas Polda Jateng AKBP Siti Rondhijah, S.Si.,M.Kes, Kamis (18/08/2022) siang.
.
Turut hadir dalam kesempatan tersebut Kapolres Tegal Kota AKBP Rahmad Hidayat, S.S, bersama Dirut PT. RJP H.Ahmad Sudiarto, SH. MH, Kapolsek Tegal Selatan, Kasatbinmas dan para Panit Binmas Polsek di jajaran Polres Tegal Kota.
.
Diklat Satpam Gada Pratama diikuti oleh 80 orang peserta yang terdiri dari 71 orang dari umum yang memenuhi persyaratan menjadi anggota Satpam dan 9 orang anggota satpam yang belum pernah mengikuti latihan dasar Satpam kualifikasi Gada Pratama.

“Tugas pokok Polri sesuai dengan UU No 2 tahun 2002 adalah pelindung, pengayom, pelayan masyarakat serta sebagai aparat penegak hukum . Dan dalam pasal 3 ayat 1 huruf c bahwa polri dalam melaksanakan tugasnya dibantu oleh potensi-potensi keamanan swakarsa, diantaranya anggota satuan pengaman,” ungkap Wadirbinmas Polda Jateng AKBP Siti Rondhijah saat memberikan sambutan pada kegiatan Upacara pembukaan pelatihan.
.
Setiap anggota satpam yang melaksanakan tugas, lanjut Wadirbinmas, wajib memiliki standar kompetensi, memiliki kemampuan, ketrampilan dan pengetahuan tentang tugas-tugas satpam, hal ini dapat diperoleh melalui kegiatan diklat satpam gada pratama dengan pola 232 jam.
.
“Saya meyakini dengan mengikuti kegiatan ini anda semua akan bertambah pengetahuan, ketrampilan, kemampuan khususnya dibidang tugas satpam,”terangnya.

Dijelaskan juga, bahwa tujuan pelatihan ini yaitu untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat serta meningkatkan kualitas profesionalisme Satpam dalam melaksanakan tugas, sehingga dapat mengamankan seluruh kegiatan masyarakat khususnya di lingkungan kerjanya masing-masing.
.
“Oleh karena itu, kami berharap tumbuhkan dan kembangkan terus kemampuan masing-masing individu melalui pendidikan dan pelatihan ini, agar dapat meningkatkan ketrampilan serta disiplin sehingga akan menjadi seorang satpam yang profesional dan handal,” tandasnya.
.
Mengakhiri sambutannya, Wadirbinmas mengingatkan kepada diri sendiri dan semuanya yang hadir dalam upacara pembukaan diklat satpam ini, agar selalu berdoa dan melakukan tindakan nyata untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 dengan cara melaksanakan disiplin protokol kesehatan dalam setiap kegiatannya.