Sekilas Info :
Minggu, 21 Jul 2024
  • Website Resmi Kepolisian Resor Tegal Kota

Operasi Zebra Candi 2022, Satlantas Polres Tegal Kota Gelar Sosialisasi di Sejumlah Sekolah

Diterbitkan : - Kategori : Berita


Kota Tegal – Satuan Lalu-Lintas (Satlantas) Polres Tegal Kota, melaksanakan kegiatan sosialisasi dalam rangka Operasi Zebra Candi 2022 dengan sasaran para pelajar ke sejumlah sekolah di Kota Tegal, salah satunya di SMP Negeri 5, Jalan Gatot Subroto Kelurahan Debong Kulon Kota Tegal, Jum’at (7/10/2022).
.
Kapolres Tegal Kota melalui Kasat Lantas AKP Mustakim, S.H menjelaskan, sosialisasi ini dilaksanakan sebagai langkah prefentif agar para pelajar selalu tertib dalam berlalu lintas. Salah satunya tentang larangan mengendarai sepeda motor bagi anak dibawah umur.
.
“Hari kita melaksanakan sosialisasi tentang tertib berlalu lintas kepada siswa-siswi di SMP 5 Kota Tegal, karena mereka termasuk dalam sasaran prioritas penindakan Operasi Zebra Candi 2022 kategori anak masih dibawah umur, “ungkapnya.
.
Menurut Kasat Lantas, saat ini dilapangan banyak di jumpai anak-anak masih dibawah umur yang mengendarai sepeda motor. Sedangkan sesuai dengan Undang – Undang No. 22 tahun 2009 tetang Lalu lintas dan anggkutan jalan mereka tidak diperbolehkan.

“Banyak kita jumpai dilapangan anak-anak yang masih SMP tapi sudah menggunakan sepeda motor, oleh karenanya saat ini sesuai sasaran prioritas penindakan dalam Operasi Zebra Candi 2022 kita terus mengadakan sosialisasi dengan menyasar para pelajar SMP, “terangnya.
.
Kasat lantas menambahkan bahwa tujuan dari sosialisasi ini adalah untuk menekan angka kecelakaan yang terjadi pada anak-anak. Karena perlu kita ketahui sesuai data dan fakta dilapangan, angka kecelakaan terbesar saat ini didominasi oleh para pengendara motor di bawah umur.

“Kami akan terus melakukan penertiban di lapangan serta akan mengimbanginya dengan melakukan sosialisasi kepada masyarakat utamanya para pelajar di sekolah-sekolah. Karena kalangan pelajar sangat rawan menjadi pelanggar lalu lintas,” imbuhnya.
.
Kasatlantas menandaskan, para pelajar sangat rentan, makanya setiap saat dilakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah agar nantinya para pelajar di Kota Tegal bisa menjadi Pelopor Keselamatan Ber-lalulintas.