Sekilas Info :
Kamis, 18 Apr 2024
  • Website Resmi Kepolisian Resor Tegal Kota

Kodim 0712/Tegal Gelar Pameran Alutsista dan Kirab Jimat Limasan, Ini Yang dilakukan Polres Tegal Kota

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Kota Tegal – Kodim 0712/Tegal menggelar Pameran Alutsista dan kirab Jimat Limasan untuk memeriahkan HUT ke-78 TNI. Kegiatan pameran berlangsung di kawasan Jalan Pancasila Kota Tegal, Sabtu (7/10/2023).

Ada sebanyak 14 unit alutsista milik Kodam IV/Diponegoro yang dipamerkan kepada masyarakat Kota Tegal dan sekitarnya.

Selain kegiatan pameran alutsista, jajaran TNI se wilayah Kota dan Kabupaten Tegal juga menggelar Kirab Jimat Limasan. Ada kurang lebih 3.500 orang peserta yang mengikuti karnaval atau kirab tersebut. Dengan membawa bendera dan pembentangan bendera merah putih sepanjang 1.200 meter.

Turut hadir dalam kegiatan Pameran Alutsista dan Kirab Jimat Limasan kali ini, ulama karismatik asal kota Pekalongan, Habib Luthfi bin Ali bin Yahya.

Komandan Kodim 0712/Tegal, Letkol.Inf. Suratman mengatakan, kegiatan diawali dengan apel bersama TNI-Polri, pelajar, dan organisasi masyarakat.

Kemudian setelah kegiatan apel, ada tausiah kebangsaan yang disampaikan oleh Habib Luthfi bin Ali bin Yahya dari kota Pekalongan.

“Setelah selesai kegiatan apel dan tausiah, langsung kita laksanakan kirab mengelilingi Kota Tegal. Dengan membawa bendera dan pembentangan merah putih sepanjang 1.200 meter,” ungkap Letkol. Inf. Suratman.

Letkol.Inf. Suratman menjelaskan, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi anak-anak, pelajar dan masyarakat tentang alutsista yang dimiliki oleh TNI. Hal ini juga untuk semakin mendekatkan TNI dengan masyarakat.

Suksesnya Kegiatan Pameran dan Kirab, Sebagai Wujud Sinergitas TNI-Polri

Sementara menyikapi kegiatan tersebut, Kapolres Tegal Kota melalui Wakapolres Kompol Wibowo Saputra menyampaikan, dengan adanya pameran dan kirab Jimat Limasan dalam rangka HUT ke-78 TNI ini, pihaknya sudah menyiapkan pengamanan. Hal ini untuk menjamin keamanan dan kelancaran seluruh kegiatan.

“Kami sudah menempatkan sedikitnya 150 anggota Polri. Untuk melakukan pengamanan rangkaian HUT ke-78 TNI. Mulai dari pagelaran Pentas Wayang Kulit tadi malam hingga Pameran Alutsista dan Kirab Jimat Limasan siang ini,” ungkap Kompol Wibowo Saputra saat giat pengamanan di lapangan.

Wakapolres menjelaskan, pihaknya sudah menempatkan anggota pada lokasi kegiatan maupun penggal-penggal jalan. Tujuannya tidak lain agar rangkaian kegiatan bisa berjalan aman dan lancar.

“Ini merupakan salah satu wujud sinergitas antara TNI-Polri. Karena TNI saat ini sedang memeriahkan Hari Ulang Tahun yang ke-78. Maka sudah menjadi kewajiban kita untuk membantu mensukseskan kegiatan tersebut,” tuturnya.

Kompol Wibowo Saputra juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang hadir. Masyarakat sudah tertib saat mengikuti dan menonton kegiatan. Sehingga rangkaian kegiatan dari mulai Pentas Wayang Kulit sampai puncak acara Kirab Jimat Limasan berlangsung sukses.

“Apresiasi yang setinggi-tingginya kami ucapakan kepada seluruh masyarakat. Karena sudah mengikuti kegiatan ini dengan tertib. Dan tak lupa kami juga mengucapkan Selamat Hari Ulang Tahun ke-78 TNI, semoga kedepan TNI tambah sukses dan semakin dekat di hati masyarakat,” pungkasnya.