Sekilas Info :
Sabtu, 13 Apr 2024
  • Website Resmi Kepolisian Resor Tegal Kota

Jelang Nataru, Polres Gelar Apel Konsolidasi Pokdarkamtibmas se Kota Tegal

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Kota Tegal – Kepolisian Resor Tegal Kota menggelar Apel Konsolidasi Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdarkamtibmas) Se Kota Tegal di halaman Mapolres setempat, Kamis (15/12/2022)

Apel Kondoslidasi Pokdarkamtibmas diikuti oleh ratusan peserta yang terdiri dari Bhabinkamtibmas jajaran Polres Tegal Kota, Ketua bersama pengurus Pokdarkamtibmas Kota, Kecamatan dan Kelurahan sewilayah Kota Tegal.

Kapolres Tegal Kota AKBP Rahmad Hidayat, S.S mengatakan, apel konsolidasi ini sangat penting sebagai sebuah langkah menyatukan dan menyamakan visi Polres Tegal Kota bersama Pokdarkamtibmas yang sudah terbentuk dari tingkat Kota, Kecamatan hingga tingkat Kelurahan.

“Ini merupakan sinergitas dan kerja keras yang luar biasa jauh-jauh hari sebelumnya. Jadi tidak ada namanya kerja ujug-ujug namun diawali dengan koordinasi, diskusi dan konsolidasi,” ujar Kapolres dalam sambutannya.

Kapolres mengatakan, dengan keterbatasan personel dan jumlah rasio petugas polisi dengan masyarakat yang belum sebanding, tentunya membutuhkan peran serta aktif masyarakat dalam mendukung tugas Polri salah satunya Pokdarkamtibmas.

Dengan berbagai macam latar belakang dan kalangan mulai birokrasi, swasta hingga pengusaha dan lainnya. “Saya sangat bangga, ini kolaborasi masyarakat Kota Tegal yang luar biasa dalam mendukung Polres Tegal Kota menciptakan Kamtibmas,” ujarnya.

Menurutnya tantangan dan tugas yang dihadapi dengan berbagai tingkat kerawanan mulai kejahatan konvensional dan kejahatan lainnya terus berkembang. Termasuk potensi gangguan Kamtibmas lainnya di Kota Tegal

Hal ini, lanjut Kapolres mengatakan, tentunya semakin menguatkan bersama Polri dan Pokdarkamtibmas mempercepat kerjasama. Setelah ini akan dilakukan pengukuhan dan pelantihan pengurus di Pendopo Balaikota Tegal.

Harapannya, Pokdarkamtibmas juga turut berpartisipasi dalam menjaga Kamtibmas dan keamanan dilingkungannya. Salah satu angenda kedepan yakni dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru,” terangnya.

Dalam kesempatan ini Kapolres juga berharap para Pokdarkamtibmas Bhayangkara Kota Tegal dilapangan terus berkoordinasi dengan para Bhabinkamtibmas, maupun stakeholder lainnya sehingga dapat bersinergi dalam mengamankan wilayahnya.

“Termasuk memantau dan memberikan informasi sekecil apapun gangguan Kamtibmas sehingga tidak berkembang dan dapat diatasi. Baik melalui komunikasi telepon maupun Whatsapp Grup,” pungkasnya.

Sementara Ketua Pokdarkamtibmas Bhayangkara Kota Tegal Drs. Ahmad Firdaus Muhtadi mengapresiasi dan bangga atas terselenggaranya apel perdana Pokdarkamtibmas tingkat Kota Tegal bersama jajaran Polres Tegal Kota.

Harapannya bisa meningkatkan semangat dalam menciptakan iklim kondusif, aman dan sejahtera ditengah keterbatasan personel Polisi dengan dibantu rekan rekan dari Pokdarkamtibmas,” tuturnya.