Sekilas Info :
Kamis, 18 Apr 2024
  • Website Resmi Kepolisian Resor Tegal Kota

Harganas Tingkat Kota Tegal, Dedy Yon: Keluarga Menjadi Pondasi Penting Awal Pembangunan Karakter Bangsa

Diterbitkan : - Kategori : Berita


Kota Tegal – Hari Keluarga Nasional (Harganas) merupakan perwujudan pentingnya arti keluarga terhadap upaya memperkuat ketahanan nasional.
.
Hal itu disampaikan oleh Walikota Tegal H.Dedy Yon Supriyono, SE, MM, saat peringatan Hari Keluarga Nasional Tingkat Kota Tegal ke- 29 Tahun 2022, bertempat di Gedung Adipura, Komplek Balai Kota Tegal, Selasa (2/8/2022).
.
“Sebagai institusi terkecil dalam masyarakat, keluarga menjadi pondasi penting awal pembangunan karakter bangsa. Momentum Harganas harus digunakan sebagai ajang sosialisasi dan optimalisasi fungsi keluarga di Indonesia,” ujar Walikota.
.
Walikota menambahkan, bahwa peringatan Harganas menjadi momen penting dalam pencegahan dan penanganan dalam upaya penurunan angka stunting di Kota Tegal.

“Pemerintah Kota Tegal tidak dapat bekerja sendiri. Hal ini hanya dapat dilakukan dengan kerja sama yang baik antara Pemerintah Kota Tegal melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP2PA) dan camat serta lurah, dengan berbagai pihak terkait. Seperti penyedia layanan kesehatan, penyuluh KB dan yang terpenting adalah kesadaran dan pengetahuan masyarakat sendiri tentang pentingnya pencegahan dan penanganan stunting. Bersama-sama kita harus tetap menjaga sinergitas dan kolaborasi untuk menangani stunting,” terang Walikota.
.
Sementara itu dalam laporannya, Kepala DPPKBP2PA Kota Tegal, Mohamad Afin menyampaikan, tujuan dari peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) itu sendiri adalah bahwa Harganas menjadi ajang sosialisasi kepada keluarga untuk membantu percepatan penurunan stunting.

Mohamad Afin menambahkan, bahwa Harganas dapat merajut kerja sama antar OPD dan stake holder terkait, agar dapat dioptimalkan dalam mendukung program percepatan penurunan stunting.
.
Selain hal tersebut, lanjutnya, ada juga pemilihan Duta Genre yang bertujuan agar mereka dapat menjadi contoh bagi masyarakat dan perpanjangan tangan untuk mengetahui tentang Keluarga Berencana (KB), usia perkawinan, dan terkait kawin muda,” pungkasnya.

Sementara tampak dari pantauan, hadir dalam kegiatan peringatan Hari Keluarga Nasional ke 29 tahun 2022 pagi ini, Walikota Tegal, jajaran Forkopimda Kota Tegal, Plt Sekda Kota Tegal, para Kepala OPD dilingkungan Pemerintah Kota Tegal serta para tamu undangan dari instansi terkait yang ada di Kota Tegal.