Sekilas Info :
Sabtu, 13 Jul 2024
  • Website Resmi Kepolisian Resor Tegal Kota

Dukung Pariwisata di Kota Tegal, TNI-Polri bersama UPS Kota Tegal Gelar Bersih-bersih Pantai

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Kota Tegal – Ratusan personel gabungan dari TNI-Polri, ASN Pemkot Tegal dan Kampus Universitas Pancasakti (UPS) Kota Tegal melakukan kegiatan bersih-bersih pantai di kawasan Obyek Wisata Pantai Alam Indah Tegal, Jum’at (9/12/2022).

Kegiatan ini digelar dalam rangka meningkatkan sinergitas antara TNI-Polri dan Pemerintah bersama kalangan Akademisi dalam hal ini Kampus UPS Kota Tegal yang diikuti oleh perwakilan masing-masing instansi yaitu dari Kodim 0712/Tegal, Lanal Tegal, Satradar Tegal, Polres Tegal Kota, Pemkot Tegal dan keluarga besar Kampus Pancasakti Kota Tegal.

Sebelum kegiatan bersih-bersih pantai, terlebih dahulu dilaksanakan senam olah raga pagi bersama baru kemudian dilanjutkan bersih-bersih sesuai dengan sektor atau plotingan wilayah yang sudah ditentukan.

Rektor Kampus UPS Tegal Dr. Taufiqulloh, M.Hum dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada jajaran TNI-Polri dan Pemerintah Kota Tegal yang sudah meluangkan waktu untuk bersama-sama melaksanakan senam sehat dan dilanjutkan bersih-bersih pantai.

Dirinya menyebutkan bahwa tujuan dilaksanakannya senam sehat dan bersih-bersih pantai ini, pertama untuk menyehatkan badan, kemudian selanjutnya untuk meningkatkan jalinan silaturahmi dan sinergitas antara Kampus UPS dengan jajaran TNI-Polri dan Pemerintah Kota Tegal yang selama ini sudah berjalan dengan baik.

“Dengan berolahraga tentu kita akan menjadi sehat, disamping itu olahraga juga merupakan sarana yang paling mudah untuk menjalin kebersamaan guna memupuk sinergitas diantara kita,” tuturnya.

Sementara itu ditempat terpisah, Kapolres Tegal Kota AKBP Rahmad Hidayat menuturkan, bahwa kegiatan ini dilakukan dengan maksud untuk meningkatkan sinergitas antara jajaran TNI-Polri dan Pemerintah Kota Tegal dengan keluarga besar Kampus UPS, dan sekaligus untuk mengajak masyarakat agar lebih peduli terhadap kesehatan serta kebersihan lingkungan khususnya di pantai.

“Laut berkontribusi besar terhadap kehidupan masyarakat di Kota Tegal sehingga masyarakat perlu menjaga kebersihan dan keseimbangan ekosistem laut untuk keberlangsungan hidupnya,” ujar Kapolres.

Menurutnya, gerakan bersih-bersih pantai ini harus terus dilakukan oleh berbagai pihak selain untuk mengurangi masuknya sampah ke lautan, juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan.

“Diharapkan semua elemen dan instansi terkait dapat mengajak masyarakat Kota Tegal untuk tidak membuang sampah ke laut dan juga mengurangi pemakaian plastik sekali pakai agar tidak berdampak pada kerusakan ekosistem laut,” terangnya.

Kapolres sangat mengapresiasi kepada semua pihak dengan terlaksananya kegiatan pada hari ini, yang peduli akan kebersihan lingkungan terutama di pantai yang kebetulan juga menjadi obyek wisata.

“Kebersihan lingkungan menjadi tanggung jawab kita bersama, oleh karena itu kita tidak hanya bergotong-royong bersama-sama membersihkan sampah, namun lebih tertuju untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat khususnya warga Kota Tegal agar tidak membuang sampah sembarangan,” tegas Kapolres.

Kapolres menambahkan, beberapa hari yang lalu pemerintah dan jajaran Forkopimda Kota Tegal telah melakukan study banding ke daerah Manggarai Barat, karena Kota Tegal memiliki potensi yang hampir sama yakni sebagai kota pantai dan pusat perdagangan serta pariwisata. Harapannya ada oleh-oleh yang dapat di terapkan dan diimplementasikan demi kemajuan pembangunan di Kota Tegal.

“Saya berharap ada oleh-oleh dari hasil study banding ke Manggarai Barat yang dapat kita terapkan demi kemajuan pembangunan di Kota Tegal khususnya di bidang pariwisata sehingga kesejahteraan masyarakat Kota Tegal bisa terwujud,” pungkasnya.