Sekilas Info :
Selasa, 23 Apr 2024
  • Website Resmi Kepolisian Resor Tegal Kota

Dorong Peran Aktif Masyarakat, Polisi Laksanakan Supervisi ke Poskamling di Kota Tegal

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Kota Tegal – Polres Tegal Kota melalui Satuan Pembinaan Masyarakat (Satbinmas) melaksanakan sambang wilayah sebagai sarana interaksi dengan masyarakat sekaligus supervisi dan asistensi terkait dengan keamanan lingkungan, Sabtu (11/06/2022) malam.
.
Kapolres Tegal Kota AKBP Rahmad Hidayat,S.S melalui Kasatbinmas AKP Didik Guntoro,SH mengatakan, bahwa dampak pandemi Covid-19 saat ini cukup dirasakan oleh masyarakat. Pandemi Covid 19 juga turut berpengaruh terhadap kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat.
.
“Oleh sebab itu, dibutuhkan peran serta masyarakat secara aktif dalam menjaga keamanan di lingkungan masing-masing secara mandiri,” ujar AKP Didik Guntoro.
.
Guna memastikan hal tersebut lanjutnya, Satbinmas Polres Tegal Kota melakukan supervisi dan asistensi dengan meninjau ke sejumlah poskampling yang ada di wilayah Kota Tegal. Diantaranya di kelurahan Debong Kulon kecamatan Tegal selatan, Kelurahan Kejambon Kecamatan Tegal Timur, Kelurahan Kraton Kecamatan Tegal Barat dan Kelurahan Pesurungan Lor Kecamatan Margadana, Kota Tegal.

Dalam kesepatan tersebut turut hadir para Kapolsek, Camat, Bhabinkamtibmas dan Babinsa serta para Kaposkampling bersama Ketua RT/RW dan sejumlah tokoh masyarakat setempat.
.
Menurut Kasatbinmas, petugas Siskamling juga harus memahami tugasnya dan bisa bertindak saat terjadi permasalahan dilingkungannya. Namun dalam pelaksanaannya tetap berkoordinasi dengan Bhabikamtibmas atau Babinsa setempat.
.
Poskamling harus dilengkapi juga dengan struktur, jadwal jaga, peta atau denah lingkungan dan kelengkapan pos lainnya seperti sarana komunikasi.

“Untuk itu segera laporkan dan berkoordinasi dengan petugas setempat untuk dapat merealisasikanya, karena bagi para pemenang nanti akan kita kirim sebagai perwakilan lomba poskampling tingkat Polda Jawa Tengah mewakili Kota Tegal,” pungkas Kasatbinmas.