Sekilas Info :
Selasa, 23 Apr 2024
  • Website Resmi Kepolisian Resor Tegal Kota

Cegah Terjadinya Pungutan Liar, Tim Satgas Saber Pungli Kota Tegal Gelar Sosialisasi

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Kota Tegal – Guna mencegah adanya tindak pidana pungli, Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) Kota Tegal menggelar sosialisasi di lingkungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Tegal, Selasa (12/7/2022).
.
Kegiatan Sosialisasi dari Tim Saber Pungli Kota Tegal kali ini dipimpin langsung oleh Kompol Zaenal Arifin, SIP, MH dan Drs. Imam Badarudin selaku Ketua dan Wakil Ketua Satgas Sapu Bersih Pungutan Liar Kota Tegal dengan menyasar di Kantor Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kota Tegal.
.
Kompol Zaenal Arifin selaku Ketua Satgas Saber Pungli Kota Tegal dalam arahannya mengungkapkan, mencegah pungli tak hanya menjadi tugas Tim Saber Pungli, tetapi diharapkan di masing-masing lembaga untuk lebih aktif melakukan pencegahan dan penindakan hal tersebut, termasuk dilingkungan kantor BKPPD dan kantor Dinas Pendidikan.
.
Dalam melaksanakan tugasnya Tim Satgas Saber Pungli mengedepankan pendekatan pencegahan dan pembinaan, namun apabila dikemudian hari ternyata terdapat tindakan yang secara jelas dan nyata melakukan perbuatan melawan hukum maka akan dilakukan penindakan oleh tim Satgas Saber Pungli.

“Kami sampaikan bahwa praktik pungutan liar merupakan pelanggaran hukum. Oleh sebab itu, aparatur pemerintah dan masyarakat termasuk di lingkungan kantor BKPPD dan Kantor Dinas Pendidikan diminta untuk tidak melakukan pungutan-pungutan diluar ketentuan yang berlaku, yang bisa merugikan masyarakat,” tegas Kompol Zaenal.
.
Sementara Kepala Badan Kepagawaian Pendidikan dan Pelatihan Kota Tegal, Slamet Wahyono mengucapkan terima kasih atas dilaksanakannya kegiatan sosialisasi saber pungli di kantor BKPPD. Hal tersebut akan dijadikan sebagai warning bagi setiap kegiatan anggota BKPPD sehingga dapat menghindari tindakan pungli.
.
Dirinya juga berharap semoga dikantornya tidak terjadi hal-hal yang kurang terpuji dalam membangun komitmen sebagai Staf BKPPD Kota Tegal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.
.
“Komitmen kami berprinsip, amanah yang kami terima ini mudah-mudahan bermanfaat bagi masyarakat Kota Tegal,”terangnya.
.
Mohon diingatkan, saran dan masukannya apabila dalam pelaksanaan tugas kami terdapat kekeliruan sehingga bisa mengurangi resiko tindakan pungutan liar, “pungkasnya.