Sekilas Info :
Sabtu, 13 Jul 2024
  • Website Resmi Kepolisian Resor Tegal Kota

Cegah PMK, Pemerintah Kota Tegal Gencarkan Vaksinasi Hewan Ternak Tahap 2

Diterbitkan : - Kategori : Berita


Kota Tegal – Untuk mengantisipasi penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak Tim Quick Respon PMK Kota Tegal melakukan vaksinasi tahap 2. Vaksinasi dilakukan dengan mendatangi sejumlah peternak di Kalinyamat Wetan, Tegal Selatan Kota Tegal, Selasa (09/08/2022)
.
Kegiatan pemberian vaksin dipimpin langsung oleh Kabid Pertanian dan Peternakan DKP3 Yusmana, SE, MM bersama Subkoordinasi Keswan dan Kesmavet DKP3 Kota Tegal drh. Atikah Liza Purwandani.
.
Kabid Pertanian dan Peternakan DKPPP ( Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan) Kota Tegal Yusmana, SE, MM, mengungkapkan pemberian vaksin PMK Booster bertujuan untuk memperkuat ketahanan tubuh hewan ternak dan antisipasi dari penularan wabah PMK
.
“Vaksinasi PMK Tahap Ke 2 ini menyasar ternak sapi dan kambing yang sudah mendapat vaksin dosis yang pertama,”ujarnya.
.
Menurutnya, dengan dilakukan vaksinasi maka akan terbentuk antibodi pada sapi atau hewan ternak lainya. Karena sesuai dengan pengalaman yang ditemui dilapangan, hewan ternak yang sudah di suntik vaksin akan memiliki kekebalan sehingga tidak mudah tertular oleh virus PMK.

“Ada sapi yang setelah disuntik vaksin, dua minggu kemudian kemudian terjangkit virus PMK, tetapi sapi tersebut tidak menulari ke sapi yang lain,” terangnya.
.
Bagi masyarakat yang hewan ternaknya belum terdata mendapatkan vaksin, dihimbau untuk tidak usah kawatir. Karena pemerintah sudah menyediakan stok vaksin yang cukup untuk melayani vaksinasi bagi hewan ternak yang ada di Kota Tegal.
.
“Vaksinasi dilakukan secara bertahap, sebulan setelah vaksin yang pertama ada vaksin dosis ke dua. Setelahnya tiap enam bulan akan ada vaksin ulang sampai nanti benar-benar bebas dari PMK.
.
Dirinya juga menghimbau kepada para peternak, walaupun telah dilakukan vaksinasi karena saat ini wabah PMK masih melanda maka pihaknya menyarankan agar tetap berhati-hati serta untuk selalu menjaga kebersihan baik hewan maupun kandang ternaknya.