Sekilas Info :
Sabtu, 13 Apr 2024
  • Website Resmi Kepolisian Resor Tegal Kota

Bersama Pusling, Kapolres Tegal Kota Motivasi Siswa SD Untuk Gemar Membaca

Diterbitkan : - Kategori : Berita


Kota Tegal – Perpustakaan Keliling (Pusling) Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Kota Tegal bersama Kapolres Tegal Kota AKBP Rahmad Hidayat dan Kepala Dinas Arpusda Kota Tegal Andri Yudi Setiawan, mengunjungi sejumlah Sekolah Dasar (SD) di wilayah Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal, Kamis (14/7/2022).
.
Kunjungan Kapolres Tegal Kota bersama Pusling ini pertama kali di SD Pekauman 5 dan SD Pekauman 2, dilanjutkan ke SD Pekauman 3 dan SD Pekauman 7. Siswa-siswi di SD tersebut sangat meriah dan senang bertemu Kapolres.
.
Pada pertemuan tersebut, Kapolres juga kerap bertanya jawab kepada siswa-siswi yang tengah membaca buku di mobil Perpustakaan Keliling.
.
Kapolres Tegal Kota AKBP Rahmad Hidayat mengatakan, bahwa bersama Dinas Arpusda Kota Tegal dalam rangka ingin menggelorakan minat baca bagi anak-anak, dengan mengunjungi SD yang ada di Kecamatan Tegal Barat. Sebagai Kapolres Tegal Kota, dirinya sangat bersyukur, karena adanya mobil Perpustakaan Keliling sehingga bisa menarik minat baca anak-anak ataupun warga Kota Tegal.

Menurut Kapolres Tegal Kota, membaca adalah jendela dunia, untuk itu semangat membaca harus terus digelorakan agar lahir generasi penerus yang hebat dan luar biasa. Sebab, dengan membaca banyak ilmu dan pengetahuan yang didapat.
.
Menarik minat baca masyarakat, tidak hanya menjadi tanggung jawab dari Pemerintah saja, termasuk Polri juga mendorong masyarakat untuk gemar membaca, apalagi diusia anak-anak merupakan masa perkembangan yang sangat baik untuk diberikan pembelajaran dan contoh-contoh yang baik.
.
Terkait dengan penggunaan gadget pada anak-anak, Kapolres Tegal Kota AKBP Rahmad meminta peran serta orang tua untuk tetap mengawasi penggunaan gadget pada putra-putrinya. Dengan memberikan contoh atau sikap yang baik, seperti membiasakan diri membaca buku, bukan membiasakan diri melihat gadgetnya, maka anak akan cepat meniru dan terbiasa.

Sementara itu, Kepala Dinas Arpusda Kota Tegal Andri Yudi Setiawan mengatakan sangat mengapresiasi upaya Kapolres Tegal Kota AKBP Rahmad Hidayat dengan turun langsung memberikan motivasi dan semangat kepada siswa-siswi SD untuk giat dan semangat membaca. Dari budaya membaca akan menambah wawasan dan pengetahuan.
.
Dinas Arpusda yang sudah menyediakan mobil Pusling di tahun ini akan kembali dioptimalkan dengan mengunjungi sekolah-sekolah. Pasalnya, selama pandemi covid-19 mobil pusling hampir tidak dijalankan lantaran siswa-siswi saat itu melaksanakan pembelajaran secara daring. Diharapkan upaya sinergi yang dilaksanakan Polri dan Dinas Arpusda Kota Tegal bisa menumbuhkan semangat anak-anak untuk gemar membaca buku.