Sekilas Info :
Sabtu, 13 Jul 2024
  • Website Resmi Kepolisian Resor Tegal Kota

Wujudkan Kondusifitas Wilayah Pesisir, Ditpolairud Polda Jateng Gelar Sambang Pesisir di Kota Tegal

Diterbitkan : - Kategori : Berita

 

Kota Tegal – Sebagai upaya Polri dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat ( Harkamtibmas ) di wilayah perairan/pesisir. Direktorat Kepolisian Perairan dan Udara (Ditpolairud) Polda Jateng menggelar kegiatan Sambang Pesisir bertempat di gedung KUD Karya Mina, Kelurahan Tegalsari, Kota Tegal, Kamis (11/7/2024).

Kegiatan sambang pesisir dari ini, sekaligus untuk memperkuat hubungan silaturahmi dengan masyarakat di wilayah perairan dan pesisir pantai Kota Tegal.

Sedangkan untuk peserta giat Sambang Pesisir kali ini ada sekitar 200 orang. Yang terdiri dari para tokoh masyarakat pesisir, paguyuban nelayan, pemilik kapal, pelaku usaha perikanan, asosiasi perkumpulan nelayan, pengelola wisata bahari dan relawan SAR ARNAVAT Kota Tegal.

 

Wakil Direktur Kepolisian Perairan dan Udara (Wadirpolairud) Polda Jateng AKBP Yohanes Budi Sarwono mengatakan, kegiatan Sambang Pesisir juga untuk menyerap aspirasi masyarakat nelayan atau yang tinggal di pesisir pantai.

“Kami menggelar silaturahmi bersama masyarakat pesisir Kota Tegal, agar apa yang mereka keluhkan atupun usul saran bisa kami tampung. Agar nantinya secara bersama-sama kita carikan solusi sebagai tindak lanjut,” kata AKBP Yohanes Budi.

Hilangkan Paradigma atau Rasa Takut Kepada Polisi

Pada kesempatan tersebut, AKBP Yohanes Budi juga mengimbau kepada para peserta yang hadir dan masyarakat pesisir Kota Tegal. Untuk bisa membantu Polri dalam memelihara kamtibmas di wilayah perairan agar selalu aman dan kondusif.

AKBP Yohanes Budi juga menambahkan, apabila terjadi permasalahan di wilayah perairan saat berlayar. Untuk segera melapor dan menyelesaikan masalah tersebut dengan melibatkan pihak Kepolisian dan pemerintahan setempat. Sehingga dapat segera teratasi secara cepat, tepat dan berakhir dengan baik.

“Kami mohon apapun persoalan yang dialami masyarakat, khususnya yang tinggal di wilayah perairan agar senantiasa melibatkan pihak Kepolisian dan Instansi terkait. Sehingga permasalahan yang ada bisa cepat teratasi dengan baik. Hilangkan paradigma atau pemikiran rasa takut apabila ada pak Polisi,” terang AKBP Yohanes Budi.

AKBP Yohanes Budi berharapa dengan adanya kegiatan Sambang Pesisir ini, keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah pesisir dapat terwujud.

“Jadi kamtibmas itu, yang bisa mewujudkan bukan hanya Polisi. Akan tetapi juga peran serta aktif dari masyarakat, ini penting,” pungkasnya.