Sekilas Info :
Minggu, 21 Jul 2024
  • Website Resmi Kepolisian Resor Tegal Kota

Upacara Peringatan Hardiknas, Seluruh Peserta Gunakan Baju Adat Nusantara

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Polrestegalkota.com, Kota Tegal – Pemerintah Kota Tegal menyelenggarakan Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2023. Dengan menggunakan berbagai pakaian adat se-Nusantara upacara berjalan khidmat.

Upacara terselenggara di halaman Pendopo Ki Gede Sebayu, Rabu (3/5/2023) pagi. Hadir sebagai peserta upacara para Guru, perwakilan Mahasiswa dan perwakilan pelajar SMP, SMA sederajat se Kota Tegal.

Semua peserta upacara menggunakan pakaian adat. Dari mulai baju adat Tegalan, adat Bali, adat Jawa dan beberapa baju adat nusantara.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal, Ismail Fahmi menyampaikan, seluruh peserta upacara menggunakan pakaian adat nasional. Hal ini bertujuan untuk memberikan pengertian kepada peserta upacara dan masyarakat. Bahwa bangsa Indonesia itu terdiri dari beraneka ragam suku dan budaya. Termasuk pakaian adat nasionalnya yang sangat bagus.

Kepala Dinas P&K berharap, sesuai dengan tema nasional “Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar”, Kota Tegal bisa menjadi pilot project pelaksanaan sekolah penggerak termasuk guru penggerak. Dan betul-betul platform merdeka belajar bisa dioptimalkan untuk pembelajaran di setiap satuan pendidikan. Untuk meningkatkan kemampuan siswa baik secara literasi, numerasi maupun pendidikan karakter.

Sementara itu Wali Kota Tegal H.Dedy Yon Supriyono selaku Inspektur Upacara menyampaikan, bahwa pada hakikatnya pendidikan adalah tanggung jawab kita bersama. Untuk itu baik lembaga pendidikan, pemerintah, orang tua maupun masyarakat, memegang peranan dalam mensukseskan program belajar.

Menurutnya, apapun kurikulum yang sudah menjadi ketentuan pemerintah pusat harus dapat kita terapkan dan laksanakan sebaik-baiknya. Karena pendidikan adalah bekal bagi anak-anak kita dalam menyongsong masa depan dan melanjutkan perjuangan pembangunan.

Mengakhiri sambutannya, H. Dedy Yon menyampaikan selamat hari Pendidikan Nasional tahun 2023, kepada seluruh peserta upacara. Wali Kota berharap momentum ini bisa membangkitkan semangat kita untuk bisa memberikan yang terbaik dalam perjuangan pendidikan di Indonesia.

“Sekali lagi saya sampaikan selamat Hari Pendidikan Nasional tahun 2023. Momentum ini hendaknya bisa membangkitkan semangat kita semua. Untuk bisa memberikan yang terbaik dalam perjuangan pendidikan di Indonesia,” pungkasnya.