Sekilas Info :
Rabu, 24 Apr 2024
  • Website Resmi Kepolisian Resor Tegal Kota

Terbaik Dalam Pengelolaan Media, Bidhumas Polda Jateng Raih Penghargaan Bergengsi

Diterbitkan : - Kategori : Berita

DENPASAR – Rapat kerja teknis (Rakernis) Divisi Humas Polri yang dilaksanakan di Bali pada tanggal 2-3 Maret 2023, tidak hanya diisi tentang diskusi dan arahan, namun juga  diwarnai pemberian penghargaan pada satuan dan personel polisi yang dinilai terbaik di bidang kehumasan.

Diantara sejumlah penghargaan, Polda Jawa Tengah dinobatkan sebagai Polda terbaik di zona Jawa dan Bali dalam pengelolaan media online dan media sosial.  Prestasi Polda Jateng itu juga dibarengi oleh Seksi Humas Polresta Banyumas yang menjadi juara pertama nasional dalam pengiriman berita pada SPIT dan Media Hub.

Terkait prestasi ganda yang diraih Bidhumas Polda Jateng dan Sihumas Polresta Banyumas itu, Kabidhumas Polda Jateng mengatakan dirinya bersyukur dan merasa keberhasilan tersebut merupakan hasil kerja keras semua pihak.

“Pengelolaan media membutuhkan kerja keras dan kreativitas. Tapi yang terpenting adalah kerjasama dan kebersamaan semua anggota yang bertuaw di fungsi humas khususnya Polda Jateng dan jajaran,” kata Kabidhumas, Minggu (5/3/2023).

“Apresiasi juga kami berikan pada rekan-rekan media dan netizen yang selama ini menjadi mitra dalam mempublikasikan berita-berita dan informasi kamtibmas di masyarakat,” tambahnya.

Terkait pemberian penghargaan, Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol. Ahmad Ramadhan selaku ketua panitia menjelaskan bahwa penilaian yang diberikan dilihat dari keaktifan Pengelolaan Medol dan Medsos, pengiriman berita pada SPIT dan Media Hub, serta amplifikasi terbanyak.

“Adapun pemenang keaktifan pengelolaan medol dan medsos Divhumas Polri diberikan kepada 30 pemenang dari Lima Zonasi, Kemudian kategori keaktifan pengiriman  berita pada SPIT dan Media Hub jatuh pada Bidhumas Polda Jawa Barat dengan jumlah publikasi 448 berita. Adapun keaktifan di tingkat Polres, jumlah tertinggi yakni Sihumas Polres Banyumas dengan 42 publikasi,” ujar Ahmad Ramadhan.

Pemberian penghargaan bagi Polda dan Polres dalam rakernis ini, semata-mata ditujukan agar masing-masing satuan kerja terinspirasi untuk memacu kinerja dalam mendukung tugas pokok Polri di bidang kehumasan. Fungsi humas menempati posisi krusial sebagai penyedia informasi kepolisian bagi masyarakat dan garda terdepan dalam menangkal hoax serta konten-konten negatif.

Sementara itu, Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo memberikan  penekanan agar jajarannya menjalin hubungan baik dengan awak media yang memiliki peran penting dalam menjaga situasi kamtibmas.

Dirinya juga memerintahkan agar bidang Pusat Informasi Data (PID) untuk memastikan ketersediaan informasi terpusat di Mediahub cepat dan tepat.

Tak hanya itu, Kadiv Humas Polri menegaskan, media sosial yang dimiliki harus menjadi wadah penampung aduan masyarakat. Terlebih, saat ini media sosial memiliki pengaruh besar di masyarakat dalam berbagai peristiwa yang terjadi.

“Inventarisir berbagai bentuk pengaduan dari masyarakat yang disampaikan melalui media dan koordinasikan dengan fungsi propam maupun fungsi terkait dalam rangka mitigasi,” ujar Kadiv Humas Polri dalam penutupan Rakernis pada Jumat (3/3/23).

Ditambahkan Kadiv Humas, menjelang Pemilu 2024, personelnya hari melakukan peningkatan pemantauan terhadap isu-isu sensitif dan menonjol yang berpotensi menjadi gangguan kamtibmas. Kemudian, diperlukan peningkatan kegiatan yang bersifat cooling system dan mampu mencegah polarisasi masyarakat.

“Humas menjadi garda terdepan dalam implementasi quick wins 2023 terutama manajemen media di seluruh satker mulai dari Mabes Polri hingga seluruh Polsek,” ungkap Kadiv Humas.

Lebih lanjut dikatakan Kadiv Humas, perlu dilakukan peningkatan komunikasi, koordinasi dan kolaborasi melalui badan koordinasi humas (bakohumas) yang melibatkan Kementerian, Lembaga, Media, dan Komunitas lainnya.

“Terapkan itu dan saya tutup dengan tagline Rakernis Humas Polri Untuk Indonesia Damai!,” pungkasnya.