Sekilas Info :
Rabu, 24 Apr 2024
  • Website Resmi Kepolisian Resor Tegal Kota

Siap Amankan Pemudik, Wali Kota Tegal Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat Candi 2023

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Kota Tegal – Untuk mengecek kesiapan akhir menjelang pengamanan arus mudik dan arus balik Idil Fitri 1444 H. Polres Tegal Kota melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Candi 2023 bertempat di halaman Mapolres, Senin (17/4/2023)

Wali Kota Tegal H. Dedy Yon Supriyono memimpin langsung kegiatan apel gelar pasukan. Turut hadir mendampingi Kapolres Tegal Kota bersama jajaran Forkopimda dan Kepala Instansi Terkait lainnya.

Sedangkan peserta apel terdiri dari petugas gabungan dari anggota TNI-Polri, anggota Satpol PP, BPBD, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pokdarkamtibmas, Bantuan Senkom dan Pramuka Saka Bhayangkara.

Dalam amanatnya, Wali Kota Tegal selaku pimpinan apel yang membacakan amanat Kapolri mengungkapkan, hari ini secara serentak di seluruh Indonesia melaksanakan apel gelar pasukan. Mulai dari tingkat Mabes Polri hingga satuan kewilayahan.

“Apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2023. Kegiatan ini juga merupakan wujud nyata sinergitas Polri dengan stakeholder terkait. Untuk mengamankan arus mudik dan perayaan hari raya Idul Fitri 1444 H,” ucap Wali Kota.

Oleh karena itu, Polri bersama stakeholder terkait berkomitmen untuk melaksanakan pengamanan secara lebih optimal, melalui Operasi Terpusat dengan sandi Operasi Ketupat 2023,” lanjutnya.

Adapun Operasi Ketupat Tahun 2023 akan digelar selama 14 hari sejak 18 April s.d. 1 Mei 2023. Sebelum pelaksanaan operasi ini telah diawali dengan giat KRYD mulai tanggal 10 s.d. 16 April 2023. Dan akan terus berlanjut pasca operasi pada tanggal 2 s.d. 9 Mei 2023.

Seusai apel, Wali Kota Tegal menyampaikan apresiasinya terhadap TNI-Polri dan stakeholder terkait atas kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat Candi tahun 2023.

“Alhamdulilah setelah kita lakukan apel, semua kesiapan sudah siap. Kami minta dukungan seluruh stakeholder untuk mensukseskan kegiatan Operasi Ketupat Tahun 2023. Yang mengambil tagline “mudik yang aman dan berkesan,” tutur Wali Kota.

Pasukan Gabungan Diterjunkan Untuk Amankan Para Pemudik

 

Sementara itu Kapolres Tegal Kota AKBP Jaka Wahyudi menyampaikan, personel yang terlibat dalam Operasi Ketupat Candi 2023 ini adalah seluruh petugas gabungan dari lintas sektoral.

“Untuk personel yang kita kerahkan adalah Polri, TNI, serta stakeholder terkait total ada 561 personel. Selain kita gelar pada lokasi keramaian masyarakat juga kita gelar pada pos-pos pengamanan. Semua ada 5 pos, mulai depan Terminal, Simpang Maya, Taman Pancasila, Simpang Coyo dan Rel KA Tirus,” terangnya.

Prinsipnya kami bersama lintas sektoral lainnya siap mengamankan arus mudik dan arus balik 2023,” imbuh Kapolres.

Kapolres berharap, kegiatan mudik tahun ini dapat berjalan aman dan kondusif. Semoga keluarga kita yang melaksanakan mudik, selalu aman dan lancar hingga nanti arus balik.

Kapolres juga berpesan, agar warga yang melaksanakan mudik untuk menjaga keamanan rumahnya. Salah satunya dengan melapor kepada RT, RW, Bhabinkamtibmas atau mungkin Babinsa.

“Untuk rekan-rekan yang mudik keluar kota, tetap hati hati dan jaga keselamatan. Serta jangan lupa kordinasi lapor pak RT/RW atau Bhabinkamtibmas dan Babinsa. Silahkan titipkan rumahnya, agar dapat terpantau. Dan tak kalah pentingnya copot saja aliran listrik yang tidak perlu, untuk menghindari konsleting dan menimbulkan kebakaran,” pungkas Kapolres.