Sekilas Info :
Rabu, 24 Apr 2024
  • Website Resmi Kepolisian Resor Tegal Kota

Satkamling RT 08 RW 04 Kelurahan Tegalsari, Terpilih Mewakili Lomba Tingkat Polda Jateng

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Kota Tegal – Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling) RT.08 RW.04 Kelurahan Tegalsari, Kecamatan Tegal, Barat Kota Tegal berhasil meraih predikat Satkamling terbaik dalam lomba Satkamling tingkat Polres Tegal Kota.

Oleh karenanya, Satkamling RT.08 RW.04 Kelurahan Tegalsari mendapatkan kunjungan langsung Tim Penilai Lomba dari Polda Jateng untuk maju mengikuti lomba Satkamling tingkat Polda Jawa Tengah tahun 2023, Selasa (6/6/2023) malam.

Katim Penilaian Lomba Satkamling dari Direktorat Pembinaan Masyarakat (Ditbinmas) Polda Jawa Tengah AKBP Hasim Setyawan SAg, MH, menyampaikan, Satkamling itu merupakan bagian dari pengamanan swakarsa. Dulu namanya Siskamling, sekarang setelah ada peraturan baru berubah menjadi Satkamling.

Kegiatan lomba ini, lanjut AKBP Hasim, bertujuan untuk meningkatkan semangat siskamling dalam menciptakan keamanan lingkungan. Karena untuk dapat menciptakan Kamtibmas yang kondusif itu, bukan semata menjadi tugas dan tanggung jawab Polri saja. Namun merupakan tanggung jawab kita bersama.

AKBP Hasim menambahkan, kriteria dalam penilaian lomba Satkamling terdiri dari beberapa aspek. Secara garis besarnya meliputi aspek kesiapan anggota pos kamling dan aspek pos kamling nya itu sendiri.

“Pos Kamling minimal harus mempunyai peralatan standar. Seperti kentongan, papan tanda-tanda sandi kentongan dan alat pemadam api sederhana. Serta harus ada tongkat sebagai alat melindungi diri, jas hujan, buku absen, mutasi, lampu senter dan borgol,” jelasnya.

Satkamling Sebagai Wujud Peran Serta Aktif Masyarakat.

Sementara Kapolres Tegal Kota melalui Wakapolres Kompol Wibowo Saputra yang malam itu turut hadir, mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada Satkamling RT. 08 RW.04 Kelurahan Tegalsari. Yang sudah mewakili Polres Tegal Kota untuk mengikuti lomba pada tingkat Polda Jawa Tengah.

Wakapolres menyampaikan, keberadaan Satkamling merupakan wujud peran serta aktif dari masyarakat. Dalam menciptakan rasa aman pada lingkungan tempat tinggalnya.

“Kami sampaikan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Satkamling Rt 08/04 Kelurahan Tegalsari. Sebagai Satkampling terbaik tingkat Polres Tegal Kota dan malam ini maju mengikuti lomba sebagai perwakilan pada tingkat Polda Jawa Tengah,” ungkap Wakapolres.

Menurutnya, ini merupakan wujud nyata peran serta masyarakat bersama Polri dan TNI untuk bersama-sama mewujudkan kamtibmas. Dalam upaya pencegahan dan pengamanan lingkungan dan kelurahan.

Dengan lomba ini, lanjut Wakapolres, harapannya dapat menumbuhkan kembali Satkamling di masyarakat. Karena saat ini kegiatan tersebut seakan-akan sudah hilang dan jarang terlaksana.

“Situasi kamtibmas yang kondusif merupakan dambaan kita bersama. Oleh karenanya dengan adanya lomba ini semoga dapat memberikan semangat kepada masyarakat untuk menggiatkan kembali Satkamling. Dalam rangka membatu tugas TNI-Polri agar rasa aman dan nyaman di Kota Tegal dapat terwujud, “pungkasnya.