Sekilas Info :
Sabtu, 13 Jul 2024
  • Website Resmi Kepolisian Resor Tegal Kota

Sambut Hari Bhayangkara ke-78, Polres Tegal Kota Gelar Ziarah Tabur Bunga

Diterbitkan : - Kategori : Berita

 

Kota Tegal – Menyambut Hari Bhayangkara ke-78 tahun 2024, Polres Tegal Kota mengelar upacara ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Pura Kusuma Negara Kota Tegal, Senin (24/6/2024).

Kapolres Tegal Kota AKBP Rully Thomas, SH, SIK, MIK, memimpin langsung kegiatan Ziarah tersebut. Turut hadir Wakapolres, pejabat utama polres, kapolsek jajaran, para perwira dan anggota Polres Tegal Kota serta perwakilan dari PP Polri.

Kapolres Tegal Kota AKBP Rully Thomas menyampaikan, Upacara Ziarah dan Tabur Bunga ini merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan peringatan Hari Bhayangkara ke-78 tahun 2024.

“Dengan kegiatan ziarah ini kami berharap kepada anggota Polres Tegal Kota, mampu meneladani semangat nasionalisme dari para pahlawan. Dalam melaksanakan tugas sebagai pengayom, pelindung dan pelayan masyarakat,” ungkap Kapolres.

Kapolres juga mengatakan, ziarah ke Taman Makam Pahlawan ini rutin kita lakukan pada setiap tahunnya. Terutama saat menjelang Hari Bhayangkara yang kita peringati setiap tanggal 1 Juli.

Upacara Ziarah Sebagai Sarana Mendoakan Para Pahlawan

Melalui upacara seperti ini, juga sebagai sarana untuk mengenang jasa dan mendoakan arwah sekaligus bentuk penghargaan kepada para pahlawan.

“Upacara ziarah ini bertujuan untuk mendoakan arwah para pahlawan dan para leluhur. Serta untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang dalam meraih dan mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia,” terangnya.

Kapolres menambahkan, kegiatan Ziarah tabur bunga seperti ini tidak hanya di Taman Makam Pahlawan saja. Namun juga ke tempat-tempat lain dan lokasi makam para senior Polri yang sudah meninggal dunia mendahului kita.

“Selain di Makam Pahlawan Pura Kusuma Negara, kita juga melaksanakan upacara tabur bunga di Dermaga Pelabuhan Tegal. Serta ziarah ke makam para senior Polri di Makam Cleret dan Makam Amangkurat di desa Pesayangan Kabupaten Tegal,” imbuh Kapolres.

Sementara itu, tampak dalam kegiatan di Taman Makam Pahlawan Pura Kusuma Negara. Seusai peletakan karangan bunga di tugu prasasti oleh Kapolres, selanjutnya pembacaan doa dan tabur bunga ke makam para pahlawan. Yang pertama oleh Kapolres kemudian seluruh rombongan ziarah juga mengikutinya.