Sekilas Info :
Sabtu, 13 Apr 2024
  • Website Resmi Kepolisian Resor Tegal Kota

Polres Tegal Kota Optimalkan Satkamling, Untuk Harkamtibmas Jelang Pemilu 2024

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Kota Tegal – Polres Tegal Kota melakukan berbagai upaya untuk mewujudkan kesiapan dalam mengawal seluruh tahapan Pemilu 2024. Hal ini bertujuan agar tercipta situasi yang aman kondusif di wilayah Kota Tegal.

Kali ini, melalui Satuan Pembinaan Masyarakat (Satbinmas) kembali melakukan asistensi. Dengan bersinergi bersama unsur satuan keamanan lingkungan (Satkamling) di wilayah Rt 03 Rw 06 Kelurahan Kejambon, Tegal Timur, Kota Tegal, Kamis (12/10/2023) malam.

Kasat Binmas Polres Tegal Kota AKP Didik Guntoro mengatakan, Satkamling merupakan pengamanan swakarsa yang terbentuk atas dasar kemauan, kesadaran dan untuk mengamankan lingkungannya sendiri.

“Pam swakarsa ini perlu kita maksimalkan. Untuk mempercepat deteksi dini atas persoalan yang ada pada lingkup paling bawah, sehingga dapat segera kita tangani,” ujar AKP Didik.

Menurutnya, Satkamling berperan besar dalam membantu menjaga lingkungan terlebih menjelang Pemilu 2024. Mengingat kerawanan gangguan kamtibmas pada pelaksanaan Pemilu pasti akan meningkat.

“Untuk itu, lanjut Kasat Binmas, Polri terus mengembangkan potensi masyarakat melalui pengamanan swakarsa sebagai upaya memperkuat sistem keamanan lingkungan,” ujarnya.

AKP Didik menyebut, perlu adanya keterlibatan dari satkamling dalam memelihara kamtibmas di lingkungan.

AKP Didik berpesan, agar kehadiran Satkamling harus betul-betul bisa menjadi cooling system pada lingkungannya masing- masing.

“Jangan ada perpecahan karena perbedaan pilihan. Karena persatuan dan kesatuan bangsa adalah hal utama yang harus kita pertahankan serta kita jaga bersama,” tuturnya.