Sekilas Info :
Kamis, 18 Apr 2024
  • Website Resmi Kepolisian Resor Tegal Kota

Polres Tegal Kota Gelar Pengamanan Perayaan Tahun Baru Imlek dan Sejit YM Kongco Tek Hay Cin Jin 2574/2023

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Kota Tegal – Polres Tegal Kota menggelar kegiatan pengamanan dalam rangkaian Perayaan Tahun Baru Imlek dan Sejit YM Kongco Tek Hay Cin Jin tahun 2574/2023.

Kegiatan tersebut berlangsung di Klenteng Tek Hay Kiong Kota Tegal yang menggelar Kirab dan Menggotong Toa Pe Kong pada Sabtu (4/2/2023).

Sebelum kegiatan kirab tersebut, terlebih dahulu diawali dengan upacara sembahyangan dan kemudian baru dilanjutkan dengan kirab mengusung patung dewa di atas tandu.

Kapolres Tegal Kota melalui Kabag Ops Kompol Wibowo Saputra, SPd, SIK, menyampaikan, bahwa dalam kegiatan ini Polres Tegal Kota sudah memploting sejumlah personel untuk melaksanakan pengamanan dilapangan. Upaya tersebut dilakukan untuk memberi rasa aman dan antisipasi gangguan kamtibmas yang mungkin terjadi.

Kabagops juga menambahkan bahwa hal ini merupakan bentuk representasi negara hadir guna memberikan pengamanan kepada seluruh masyarakat di Kota Tegal, agar semua kegiatan dapat berjalan dengan aman dan lancar.

“Kami menggelar personel gabungan untuk melaksanakan pengamanan di Klenteng Tek Hay Kiong.” ungkapnya.

Pengamanan ini, lanjut Kabagops, dimulai dari rangkaian kegiatan persembahyangan dan doa bersama di Klenteng kemudian baru dilanjutkan pengamanan route kegiatan kirab.

“Ini merupakan bentuk toleransi beragama yang ada di Kota Tegal. Upaya ini akan terus kami jaga untuk memberikan rasa aman sehingga warga Kota Tegal dengan keberanekaragamannya dapat hidup dengan damai,” tutur Kabagops.

Sementara kirab dan penggotongan tandu dimulai dari klenteng Tek Hay Kiong selanjutnya berjalan melalui Jl. Udang – Jl. Proklamasi – Jl. Sembilang – Jl. Yos Sudarso – Jl. Kesatrian – Komplek Pelabuhan.

Kirab kemudian kembali dengan melintasi Jl. Pemuda – Jl. Slamet Riyadi – Jl. Veteran – Jl. A. Yani – Jl. D.I. Panjaitan dan kembali ke Jl. Veteran – Jl. Gurami kemudian masuk ke Klenteng.