Sekilas Info :
Sabtu, 13 Apr 2024
  • Website Resmi Kepolisian Resor Tegal Kota

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Wali Kota Tegal Ajak Masyarakat Untuk Peduli Lingkungan

Diterbitkan : - Kategori : Berita

 

Kota Tegal – Pemerintah Kota Tegal menggelar apel peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2023.

Wali Kota Tegal H. Dedy Yon Supriyono, SE, MM, memimpin langsung kegiatan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, bertempat di Alun-Alun Kota Tegal, Senin (5/6/2023).

Turut hadir pada acara tersebut jajaran Forkopimda Kota Tegal, DPRD Kota Tegal, Pj. Sekretaris Daerah Kota Tegal, Kepala OPD Pemerintah Kota Tegal, Camat, Lurah dan Komunitas Pecinta Lingkungan yang ada di Kota Tegal.

Membacakan sambutan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. Walikota Tegal mengatakan, bahwa Majelis Umum PBB pada tahun 1972 telah menetapkan tanggal 5 Juni sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

“Apel peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun ini mengambil tema Solusi untuk Polusi Plastik (Solutions to Plastic Pollution) dengan mengusung kampanye beatplasticpollution,” ujar Walikota Tegal.

Lebih lanjut Walikota menyampaikan, polusi plastik adalah ancaman nyata yang berdampak pada setiap komunitas pada seluruh dunia.

Walikota Tegal menyebut, di proyeksikan oleh UNEP bahwa pada tahun 2040 akan terdapat 29 juta ton plastik masuk ke ekosistem perairan.

“Melalui peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023, saya menyerukan semua stakeholders, untuk bersama-sama menemukan dan memperjuangkan solusi untuk polusi plastik ini,” imbuh Walikota.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Walikota Tegal mengajak seluruh masyarakat dan semua pihak, untuk terus menggalakkan berbagai langkah dan upaya. Guna mendorong kehidupan yang berkelanjutan secara kondusif agar tercipta lingkungan yang sehat.

“Sebagai negara dengan kearifan lokal yang tinggi, mari kita hidupkan kembali dan tanamkan pengetahuan dan pendekatan modern inovatif menuju negara yang lebih bersih, hijau dan bebas plastik,” tegas Walikota Tegal.

Selain hal tersebut, sebagai bagian dari perayaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2023. Walikota Tegal juga mengajak seluruh masyarakat untuk melakukan pembersihan plastik di pantai-pantai, kawasan konservasi, bantaran sungai, tempat-tempat umum dan lainnya.

“Sehingga dengan upaya itu dapat memperkuat budaya kehidupan yang bersih dan berkelanjutan. Serta dapat menjaga keseimbangan antara manusia dan alam,” pungkasnya.