Sekilas Info :
Rabu, 24 Apr 2024
  • Website Resmi Kepolisian Resor Tegal Kota

Peringati Hari Bhayangkara ke-77, Polres Tegal Kota Gelar Ziarah dan Tabur Bunga

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Kota Tegal – Polres Tegal Kota mengelar upacara ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Pura Kusuma Negara Kota Tegal. Dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke-77, Selasa (27/6/2023).

Kapolres Tegal Kota AKBP Jaka Wahyudi, SIK, MSi, memimpin langsung kegiatan Ziarah. Dengan dihadiri oleh Wakapolres, Pejabat Utama Polres, Kapolsek jajaran, para perwira dan anggota Polres Tegal Kota. Serta perwakilan dari PP Polri dan Bhayangkari Cabang Tegal Kota.

Kapolres Tegal Kota AKBP Jaka Wahyudi menyampaikan, Upacara Ziarah dan Tabur Bunga ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan peringatan Hari Bhayangkara ke-77 tahun 2023.

“Dengan kegiatan ziarah ini kami berharap kepada anggota jajaran Polres Tegal Kota, mampu meneladani dan mencontoh semangat nasionalisme para pahlawan. Dalam melaksanakan tugas sebagai pengayom, pelindung dan pelayan masyarakat,” ungkap Kapolres.

Lebih lanjut Kapolres menyampaikan, bahwa institusi Polri menuntut kita semua selaku anggota, untuk lebih meningkatkan kepeduliannya terhadap masyarakat. Terlebih saat ini kondisi bangsa Indonesia baru saja terlepas dari pandemi Covid-19.

“Dengan berbagai kegiatan sosial yang menyentuh langsung kepada masyarakat. Seperti kegiatan pembagian paket sembako maupun kegiatan sosial lainnya. Semoga dapat bermanfaat bagi para warga yang terdampak pada saat adanya pandemi Covid 19,” lanjutnya.

Kapolres menambahkan, ziarah ke Taman Makam Pahlawan ini rutin kita lakukan setiap tahun. Terutama saat menjelang perayaan Hari Bhayangkara yang kita peringati setiap tanggal 1 Juli.

Melalui upacara ini, juga dalam rangka untuk mengenang jasa dan mendoakan arwah sekaligus sebagai bentuk penghargaan kepada para pahlawan.

“Upacara ziarah makam ini untuk mendoakan arwah para pahlawan. Dan para leluhur serta mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang dalam meraih dan mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia,” tandasnya.

Sementara itu, usai peletakan karangan bunga di tugu prasasti Taman Makam Pahlawan oleh Kapolres, dilanjutkan dengan pembacaan doa dan tabur bunga ke makam para pahlawan. Yang pertama oleh Kapolres kemudian diikuti oleh seluruh rombongan ziarah.