Sekilas Info :
Sabtu, 22 Jun 2024
  • Website Resmi Kepolisian Resor Tegal Kota

Penanaman Mangrove, Upaya Perlindungan Lingkungan Hidup di Wilayah Pesisir Kota Tegal

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Kota Tegal – Presiden RI Ir. Joko Widodo secara resmi membuka Puncak Penanaman Mangrove Nasional sebanyak satu juta pohon secara serentak oleh jajaran TNI di seluruh Indonesia.

Untuk wilayah Kota Tegal, kegiatan ini terlaksana di Pantai Pulau Kodok Kelurahan Panggung Kec. Tegal Timur yang dipimpin langsung Komandan Lanal Tegal Letkol. Mar. Moch Chanan Asfihani, M.Tr Hanla, Senin (15/5/2023).

Danlanal Tegal Letkol. Mar. Moch Chanan Asfihani mengatakan, hari ini kita berpartisipasi dalam kegiatan penanaman pohon mangrove nasional. Dan di wilayah Kota Tegal kita bersama-sama jajaran Forkopimda menanam sekitar 5.000 pohon. Penanaman secara serentak dari Sabang sampai Merauke ini bertujuan agar laut menjadi subur dan terhindar dari abrasi.

“Serta menyebarluaskan dan memberi contoh bahwa kita juga mampu melaksanakan penanaman mangrove tersebut,” ungkap Danlanal.

Menurutnya, dengan menanam pohon mangrove pada sekitar lokasi bibir pantai, harapannya bisa menjaga kelestarian lingkungan hidup. Dan mengurangi abrasi laut serta memberikan tempat hidup bagi biota laut seperti udang, ikan, dan kepiting.

Danlanal berharap keberadaan pohon mangrove dapat menjadikan sumber pendapatan bagi nelayan, pengembangan kawasan pariwisata, serta memberikan dampak ekonomi yang luas.

“Penanaman pohon mangrove merupakan bentuk antisipasi untuk mengurangi abrasi. Serta menjaga kelestarian lingkungan hidup, khususnya pada wilayah pesisir Kota Tegal” terang Danlanal.

Pohon mangrove yang kita tanam ini, lanjutnya, bisa bermanfaat dan memotivasi kelompok masyarakat untuk terus meningkatkan upaya-upaya pengelolaan dan perlindungan lingkungan hidup.

“Selain itu, juga sebagai sarana edukasi kepada masyarakat luas untuk dapat menciptakan lingkungan yang sehat dan asri,” tutupnya.