Sekilas Info :
Sabtu, 22 Jun 2024
  • Website Resmi Kepolisian Resor Tegal Kota

Pemkot Tegal Terima Hasil TMMD, Berupa Perbaikan Saluran Air di Kelurahan Pekauman

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Kota Tegal – Komandan Kodim 0712, Letnan Kolonel, Inf. Suratman menyerahkan hasil pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa Sengkuyung Tahap II TA. 2024 di wilayah Kodim 0712/Tegal, kepada Pemerintah Kota Tegal melalui Sekretaris Daerah dr.Agus Dwi Sulistyantono.

Salah satunya perbaikan fisik saluran air yang melintas di RT 04, RT 05 dan RT 06 di RW 04 Jalan Merpati, Kelurahan Pekauman, Kecamatan Tegal Barat.

Penyerahan hasil pekerjaan berlangsung pada upacara penutupan TMMD Sengkuyung Tahap II TA 2024 di halaman Kantor Samsat Kota Tegal, Jum’at (7/6/2024).

Hasil pekerjaan tersebut berupa pemasangan saluran u-ditch dan cover dengan ukuran panjang per u-ditch 1,20 meter, lebar 0,50 meter, tinggi 0,60 meter sepanjang volume 141,6 meter.

Dalam pelaksanaannya diawali pra TMMD dari tanggal 25 April hingga 4 Mei 2024. Sedangkan waktu pelaksanaan mulai 8 Mei – 6 Juni 2024. Selain sasaran fisik, ada beberapa sasaran non fisik yang telah dilaksanakan pada penyelenggaraan TMMD tersebut. Yakni penyuluhan kepada masyarakat dan sosialisasi TMMD, penyuluhan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara serta penyuluhan protokol kesehatan. Kemudian penyuluhan bahaya stunting, penyuluhan kenakalan remaja dan narkoba serta penyuluhan KB Kesehatan dan Posyandu.

Untuk anggaran pelaksanaan TMMD tersebut, baik pada sasaran fisik maupun non fisik sebesar Rp412.003.000,- . Yang terdiri dari APBD Provinsi Jawa Tengah Rp210.000.000,- dan APBD Kota Tegal sebesar Rp202.003.000,-.

Pangdam IV Diponegoro, Mayjend. Deddy Suryadi dalam sambutannya yang dibacakan oleh Dandim 0712, Letnan Kolonel, Inf. Suratman menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak. Yang telah bekerja secara maksimal sehingga sasaran fisik maupun non fisik TMMD dapat terselesaikan dengan baik dan tepat waktu.

“Pada kesempatan yang baik ini, sekali lagi saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya. Kepada seluruh pihak yang telah bekerja secara maksimal sehingga sasaran fisik maupun non fisik TMMD dapat terselesaikan dengan baik dan tepat waktu,” ujar Pangdam IV Diponegoro dalam sambutannya.

Masyarakat Harus Menjaga dan Merawat Hasil TMMD

TMMD Reguler ke-120 tahun 2024 kali ini mengambil tema “Darma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah”. Menurutnya tema ini mengandung makna bahwa TNI bersama dengan Pemerintah Daerah, Polri, dan masyarakat secara bersama-sama mendukung percepatan pembangunan infrastruktur dan fasilitas umum. Guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat sebagai bentuk pengabdian.

Pangdam IV Dipenegoro berpesan agar hasil pekerjaan TMMD yang telah terlaksana untuk dijaga dan dipelihara. Sehingga masyarakat dapat menikmati manfaatnya dalam kurun waktu yang cukup panjang.

Pada Upacara Penutupan TMMD tersebut, Lurah Pekauman, Rudi Pratikno menyampaikan, mewakili Kelurahan Pekauman sangat berterima kasih baik kepada jajaran TNI-Polri maupun DPPKBP2PA.

“Tentu sangat bermanfaat bagi masyarakat khususnya di lokasi tersebut,” ujar Lurah Pekauman.

Rudi menyampaikan dengan selesainya pelaksanaan TMMD, apa yang sudah diberikan oleh Pemerintah. Harapannya bisa terus dirawat dengan baik secara bergotong-royong. Sehingga kelancaran atau aliran air pada saluran tersebut bisa lancar dan tidak menimbulkan genangan atau banjir.