Sekilas Info :
Sabtu, 13 Jul 2024
  • Website Resmi Kepolisian Resor Tegal Kota

Meriahkan May Day, Ribuan Buruh Di Kota Tegal Ikuti Acara Jalan Sehat

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Kota Tegal – Peringatan Hari Buruh Internasional (May Day) dan Hari Jadi ke-443 Kota Tegal berlangsung meriah. Salah satunya dengan menggelar kegiatan jalan sehat.

Kegiatan jalan sehat diikuti oleh ribuan peserta baik dari perusahaan dan instansi di Kota Tegal. Dengan mengambil star dan finis di Kawasan Taman Pancasila pada Minggu (1/5/2023) pagi.

Selain jalan sehat, juga digelar sejumlah kegiatan lain dalam rangka memperingati hari buruh internasional. Seperti lomba futsal, lomba tenis meja dan lomba senam. Serangkaian kegiatan tersebut digawangi oleh Kamar Dagang dan Industri (Kadin) bekerja sama dengan Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerin) Kota Tegal.

Sebelum kegiatan jalan sehat, terlebih dahulu di awali dengan Tari Geyol Tegalan. Baru kemudian dilanjutkan jalan sehat yang dilepas oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Tengah, Sumarno dan Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono.

Untuk menyemarakan May Day juga digelar agenda pemeriksaan kesehatan gratis, donor darah, pengukuhan relawan anti narkoba dari masing-masing perusahaan dan pembagian hadiah May Day Fun Competition.

Walikota Tegal Doakan Kesejahteraan Buruh Semakin Meningkat

Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan jalan sehat pagi ini digelar dalam rangka memperingati Hari Buruh Internasional yang jatuh pada setiap tanggal 1 Mei.

Wali Kota Tegal juga turut mendoakan kepada seluruh tenaga kerja dan buruh di Kota Tegal, dapat semakin sejahtera.

“Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya berdoa semoga seluruh tenaga kerja dan buruh di Kota Tegal, semakin sejahtera,” ujar Wali Kota.

Sementara itu, Sekda Provinsi Jateng, Sumarno menyebut bahwa sinergitas antara pengusaha dan pekerja sangat dibutuhkan. Untuk keberlangsungan iklim perekonomian. Sebab, pengusaha tidak akan berjalan tanpa ada pekerja. Dan sebaliknya pekerja juga tidak bisa berjalan tanpa adanya perusahaan.

“Inilah fungsi dari sinergitas. Baik antara pekerja dengan pengusaha. Kami yang akan memediasi untuk mensinergikan dan mengharmoniskan antara pekerja atau buruh,” ujar Sumarno.

Pada kesempatan tersebut Kepala Disnakerin Kota Tegal, R. Heru Setyawan memaparkan, peringatan May Day 2023 dilaksanakan dalam rangkaian Hari Jadi ke-443 Kota Tegal. Dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat, baik pekerja formal dari perusahaan, pekerja informal yang tergabung dalam Himpunan Pedagang Kaki Lima Indonesia (HPKLI) dan pekerja pemerintah dari masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Adapun tema peringatan May Day diambil sama seperti HUT ke-443 Kota Tegal, yakni “Tata, Tatas dan Gemebyar serta Kemenangan Idul Fitri Memantapkan Sinergi, Kota Tegal Aman Terkendali”.

Heru menyebut, kita patut bersyukur karena peringatan May Day di Kota Tegal tidak ada kegiatan unjuk rasa atau demo buruh.

“Semuanya dapat berjalan dengan baik, kita selalu bersinergi dalam lembaga kerja sama Tripartid, baik pengusaha, pekerja maupun pemerintah,” tuturnya.

Diakhir acara Wali Kota Tegal dan Sekda Provinsi berkesempatan mengundi kupon pemenang jalan sehat. Dengan hadiah utama dua buah sepeda motor. Dan yang beruntung mendapatkan sepeda motor tersebut yakni Arya dari RS Mitra Keluarga dan Elita dari RSI Harapan Anda Kota Tegal.