Sekilas Info :
Sabtu, 13 Jul 2024
  • Website Resmi Kepolisian Resor Tegal Kota

Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto, Deklarasikan Kota Tegal Sebagai Kota Lengkap Ke Empat

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Kota Tegal – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto mendeklarasikan Kota Tegal sebagai Kota Lengkap, Selasa (9/5/2023) siang.

Kegiatan pendeklarasian bertempat di Pendopo Ki Gede Sebayu Komplek Balaikota Tegal. Dengan pendeklarasian ini menjadikan Kota Tegal sebagai Kota Lengkap ke empat setelah Denpasar, Madiun dan Bontang. Dan selanjutnya kota- kota lain di Indonesia juga akan menyusul. Target utamanya adalah wilayah Kotamadya.

Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto mengatakan, arti Kota Lengkap adalah kota tersebut secara spasial dan yuridis telah memenuhi syarat, tidak ada lagi gap dan overlapping.

Jadi peta tidak tumpang tindih secara spasial. Kemudian secara yuridis terbukti dengan buku tanah dan surat ukur yang diunggah secara elektronik. Semuanya akurat baik fisik maupun elektroniknya.

Ia mengungkapkan, ada beberapa keuntungan dari sebuah kota yang ditetapkan sebagai Kota Lengkap. Pertama, masyarakat mendapatkan kepastian hukum baik hak atas tanah maupun hak ekonomi. Kedua, tidak ada lagi sengketa atau konflik pertanahan karena semua sudah terikat dalam satu sistem. Kemudian, tidak ada lagi mafia tanah bermain dengan tanah milik masyarakat.

Adapun keuntungan lainnya, akan memberikan kepastian hukum kepada investor yang datang ke wilayah Kota Tegal.

Dan yang terakhir, memudahkan transformasi digital sehingga pelayanan kepada masyarakat akan mudah.

Pada kegiatan tersebut juga ada penyerahan sertifikat aset BMN dan BMD secara simbolis.

Penyerahan 158 Bidang Tanah Kepada Pemilik Yang Sah

 

Sementara itu, Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono, SE.,MM dalam sambutannya mengatakan, sebanyak 158 bidang tanah berupa tanah pertanian, tanah tambak, tanah jalan, tanah saluran, tanah fasum RTH perumahan yang diserahkan kepada pemilik sah nya. Hal ini bisa terwujud karena adanya kerjasama yang baik antara BPN dengan Pemerintah Kota Tegal serta semua pihak yang terkait.

“Dengan penyerahan sertifikat tanah ini, maka dokumen kepemilikan menjadi jelas. Hal ini sangat membantu dalam hal pengamanan, penataan dan pengembangan serta pemanfaatan aset tanah tersebut,” tutur Wali Kota.

Hadir dalam deklarasi kota lengkap, Walikota Tegal, Kepala ATR/BPN Kota Tegal Darsini, SH.MM, Dandim 0712/Tegal, Kapolres Tegal Kota dan Instansi terkait.