Sekilas Info :
Jumat, 19 Apr 2024
  • Website Resmi Kepolisian Resor Tegal Kota

Maknai Hari Jadi ke-73, Satpolairud Polres Tegal Kota Tanam Pohon di Kawasan Wisata Pulau Kodok

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Kota Tegal – Masih dalam rangkaian peringatan HUT Polairud ke-73, jajaran Polres Tegal Kota menggelar aksi penanaman pohon. Kegiatan terselenggara di Pantai Pulau Kodok, Sabtu, (25/11/2023).

Kapolres Tegal Kota AKBP Jaka Wahyudi, SH, SIK, MSi, mengatakan, kegiatan penanaman pohon ini merupakan bagian dari program mageri segoro Polda Jawa Tengah. Selain penanaman pohon juga dilaksanakan aksi bersih-bersih pantai. Kegiatan tersebut masih dalam rangkaian HUT Polairud ke-73 tahun 2023.

“Kegiatan penanaman pohon ini sangat strategis untuk menjaga kelestarian lingkungan. Untuk jajaran Polda Jawa Tengah sendiri sudah melaksanakan penanaman pohon serentak di wilayah Jawa Tengah dengan total 35.000 pohon. Hal ini merupakan upaya bersama dalam rangka mageri segoro dan memperbaiki ekosistem pesisir serta penanggulangan abrasi,” ungkap Kapolres.

Menurutnya, dengan menanam pohon mangrove pada sekitar lokasi bibir pantai, harapannya bisa menjaga kelestarian lingkungan hidup. Dan mengurangi abrasi laut serta memberikan tempat hidup bagi biota laut seperti udang, ikan, dan kepiting.

Kapolres berharap, keberadaan pohon mangrove dapat menjadikan sumber pendapatan bagi nelayan, pengembangan kawasan pariwisata, serta memberikan dampak ekonomi yang luas.

“Penanaman pohon mangrove merupakan bentuk antisipasi untuk mengurangi abrasi. Serta menjaga kelestarian lingkungan hidup, khususnya pada wilayah pesisir Kota Tegal” terang Kapolres

Pohon mangrove yang kita tanam ini, lanjutnya, bisa bermanfaat dan memotivasi kelompok masyarakat untuk terus meningkatkan upaya pengelolaan dan pelestarian lingkungan hidup.

“Selain itu, juga sebagai sarana edukasi kepada masyarakat luas. Serta untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan asri,” tutupnya.