Sekilas Info :
Sabtu, 13 Jul 2024
  • Website Resmi Kepolisian Resor Tegal Kota

Latja Taruna Akpol, Gelar Penyuluhan dan Sambang Kamtibmas di Kota Tegal

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Kota Tegal – Sebanyak 15 Taruna Akpol tingkat I Angkatan 58 Batalyon Ksatriya Hawin Sarwahita melaksanakan latihan kerja (Latja) di Polres Tegal Kota selama 14 hari.

Dalam latja tersebut, Taruna Akpol ini akan mempelajari ilmu-ilmu kepolisian di tiga fungsi, meliputi fungsi Satuan Lalu Lintas, Satuan Binmas, dan Satuan Samapta.

Seperti halnya kali ini, Taruna Akpol melaksanakan kegiatan-kegiatan kepolisian pada fungsi Binmas. Mereka melaksanakan kegiatan seperti penyuluhan kepada pengunjung di obyek wisata Pantai Alam Indah. Serta sambang kamtibmas ke Kelurahan Kraton dan Mangkukusuman, Kota Tegal.

Kapolres Tegal Kota melalui Kasat Binmas AKP Rekso Pranoto mengatakan, para Taruna Akpol melakukan kegiatan ini untuk melatih dan mengaplikasikan pelajaran yang telah mereka terima selama di lembaga pendidikan.

“Sebagai pengenalan serta orientasi mengenai tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) Kepolisian. Salah satunya yakni fungsi Binmas atau pembinaan masyarakat,” ujar AKP Rekso, Rabu (10/7/2024).

Kali ini lanjut AKP Rekso, mereka oleh perwira pendamping diajak untuk melihat langsung sekaligus praktek singkat sambang kamtibmas. Dan memberikan penyuluhan atau imbauan kamtibmas kepada masyarakat.

AKP Rekso juga berharap kepada para Taruna latja, agar memperhatikan betul arahan dari perwira pendampingnya. Karena nantinya selaku pengemban tugas bidang Pembinaan Masyarakat (Binmas), harus mampu menjadi konsultan di lingkungan masyarakat.

“Dalam kesempatan ini para Taruna latja, harus dapat mengaplikasikan bagaimana cara bersosialisasi. Untuk menyampaikan informasi dan mengetahui dinamika yang ada di masyarakat dengan berbagai macam persoalannya,” imbuhnya.

Sehingga nantinya setelah resmi menjadi anggota Polri, sudah siap bertugas pada semua fungsi Kepolisian. Karena sudah memiliki bekal dasar mengenai tugas-tugas yang akan mereka laksanakan,” pungkas Kasat Binmas.