Sekilas Info :
Sabtu, 13 Jul 2024
  • Website Resmi Kepolisian Resor Tegal Kota

Jamin Kenyamanan Para Pemudik, Kapolres Tegal Kota Cek Pos dan Keberadaan Anggota

Diterbitkan : - Kategori : Berita

 

Kota Tegal – Untuk memastikan kesiapan anggota pengamanan pada hari pertama berlakunya Operasi Ketupat Candi (OKC) 2023. Kapolres Tegal Kota bersama jajarannya melakukan pengecekan pos-pos pengamanan dan pelayanan, Selasa ( 18/4/2023)

Pengecekan meliputi sarana dan prasarana kelengkapan pos, antara lain panel data, peta kerawanan hingga cara bertindak bagi anggota yang bertugas pada OKC 2023.

“Operasi Ketupat Candi 2023 secara resmi berlakukan pada hari ini, Selasa terhitung pada pukul 00.00 WIB. Untuk itu kita pastikan kesiapan pos-pos dan keberadaan personel pengamanan,”ungkap Kapolres.

Dalam pengamanan OKC 2023, lanjutnya, Polres Tegal Kota menyiagakan 1 pos terpadu, 2 pos pelayanan, 2 pos pengamanan dan 6 pos pemantauan.

Selain itu, pihaknya juga telah menerjunkan sedikitnya 561personel gabungan pada jalur pantura, tempat-tempat pemusatan massa serta objek-objek wisata.

Kapolres menambahkan, dalam pengamanan arus mudik lebaran pihaknya tidak hanya menempatkan personel pada pos-pos pengamanan saja. Namun menyiapkan juga 2 tim patroli yang bertugas sebagai pengurai kemacetan dan tim pemukul.

“Selain menempatkan personel pada pos pengamanan, kita juga siapkan tim patroli untuk pengurai kemacetan arus lalu lintas dan tim pemukul kerusuhan,” bebernya.

Tim tersebut tugasnya, lanjut Kapolres, tim pengurai akan patroli secara mobile agar tidak terjadi kesemrawutan pada tempat-pemusatan massa. Sedangkan tim pemukul akan patroli menyasar tempat-tempat rawan kejahatan.

“Tim pengurai kemacetan bertugas memback up pos-pos pengamanan yang membutuhkan perkuatan. Contohnya apabila di Pasar Pagi terjadi kesemrawutan arus lalu lintas maka tim akan bergerak kesana. Sedangkan tim pemukul akan mobile untuk mencegah terjadinya kejahatan jalanan. Seperti contohnya balap liar, pemalakan, tawuran dan kejahat lain,” terang Kapolres.

Kapolres berharap dengan menyiapkan tim patroli tersebut dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi para pemudik yang kebetulan melintasi Kota Tegal.

“Kami harap kepada para pemudik tidak usah merasa takut atau kawatir. Karena kami dari Polres Tegal Kota akan menjamin keamanan dan kelancaran bagi saudara-saudara semua yang mudik melalui Kota Tegal,” pungkas Kapolres.