Sekilas Info :
Selasa, 23 Apr 2024
  • Website Resmi Kepolisian Resor Tegal Kota

Dandim 0712/Tegal, Resmi Menutup TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun Anggaran 2023

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Kota Tegal – Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap I Tahun Anggaran 2023 di Wilayah Kodim 0712/Tegal telah selesai. Komandan Kodim 0712/Tegal, Letkol Inf Charlie Clay Lorando Sondakh, S.E secara resmi menutup kegiatan TMMD tersebut pada sebuah Upacara di Lapangan Dinas Perhubungan Kota Tegal, Kamis (8/6/2023).

Kapten Inf. Jamaluddin Abbas, selaku Perwira pelaksana kegiatan, dalam laporannya menyampaikan, TMMD Sengkuyung Tahap I TA 2023 yang berlokasi di Kelurahan Mintaragen, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal, telah selesai 100%.

Dengan latarbelakang adanya saluran air yang belum permanen dan terbatasnya swadaya masyarakat. TMMD Tahap I terlaksana sejak tanggal 10 Mei sampai 8 Juni 2023. Dengan meghabiskan dana Rp 419.663.000,- yang terdiri dari APBD Provinsi Jateng sebesar Rp 217.660.000,- dan APDB Kota Tegal sebesar Rp 202.003.000,-.

Lebih lanjut, Jamaludin Abbas menyampaikan, kegiatan TMMD terbagi menjadi Kegiatan Fisik dan Non Fisik. Kegiatan Fisik berupa pemasangan saluran U-Ditch dan Cover (panjang 1,20 meter, lebar 0,50 meter, tinggi 0,70 meter) panjang volume 131 meter. Sedangkan kegiatan non fisik berupa Sosialisasi TMMD, Penyuluhan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara. Kemudian Penyuluhan Protokol Kesehatan, Penyuluhan Bahaya Stunting, Penyuluhan Pemberdayaan Masyarakat dan Penyuluhan KB Kesehatan serta Posyandu.

Dalam upacara penutupan tersebut dilakukan penandatanganan dan penyerahan hasil program TMMD Tahap I Tahun 2023. Yaitu dari Komandan Kodim 0712/Tegal, Letkol Inf Charlie Clay Lorando Sondakh, S.E kepada Wali Kota Tegal, H. Dedy Yon Supriyono, SE.MM.

Dandim 0712/Tegal Berpesan Agar Masyarakat Dapat Menjaga Hasil Dari TMMD

 

Sementara itu, Dandim 0712/Tegal Letkol Inf. Charlie Clay Lorando Sondakh, saat membacakan sambutan dari Pangdam IV/Diponegoro, mengucapkan terimakasih kepada pihak yang telah membatu menyelesaikan TMMD Sengkuyung Tahap I.

“Saya sangat bangga, berkat kerjasama dan kerja keras para anggota TNI-Polri, Pemerintah Kota Tegal dan masyarakat, sasaran TMMD baik fisik maupun non fisik dapat tercapai. Saya juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas kerjasamanya. Selama satu bulan kita saling bahu-membahu untuk menyelesaikan program TMMD ke-116 ini,” ujar Komandan Kodim 0712/Tegal.

Dandim 0712/Tegal mengatakan, bahwa program TMMD merupakan wujud kepedulian Kodam IV/Diponegoro untuk meningkatkan semangat kebersamaan dan gotong royong. Antara TNI dengan rakyat dalam mengakselerasikan program pemerintah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Kami berpesan agar masyarakat bisa menjaga dan memelihara hasil program TMMD ini. Sehingga masyarakat dapat memanfaatkan dan menikmatinya dalam kurun waktu yang cukup lama,” pungkasnya.