Sekilas Info :
Kamis, 18 Apr 2024
  • Website Resmi Kepolisian Resor Tegal Kota

Bawaslu Kota Tegal Gelar Apel Siaga Pengawasan Tahapan Kampanye Pemilu 2024

Diterbitkan : - Kategori : Berita

 

Kota Tegal – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Tegal menggelar Apel Siaga Pengawasan Tahapan Kampanye Pemilu 2024, di jalan Pancasila, Kota Tegal, Rabu (22/11/2023).

Hadir dalam kegiatan tersebut Wali Kota Tegal, Forkopimda, Komisioner Bawaslu dan para Pimpinan Partai Politik (Parpol) di Kota Tegal.

Sementara peserta upacara terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP, Dinas Perhubungan dan unsur pengawas Pemilu. Para peserta upacara sebelumnya melakukan kirab dari gerbang Balai Kota Tegal menuju jalan Pancasila.

Ketua Bawaslu Kota Tegal Fauzan Hamid mengatakan, maksud dari kegiatan “Apel Siaga Pengawasan Kampanye Pemilu 2024” yaitu untuk memberikan arahan dan kesatuan komando. Kepada jajaran pengawas se-Kota Tegal dalam melakukan pengawasan kampanye Pemilu 2024.

Selain itu, kegiatan tersebut juga untuk mengajak stakeholder terkait bersinergi bersama dalam melakukan pengawasan kampanye Pemilu 2024.

“Pengawasan ini bertujuan untuk memastikan bahwa pemilihan umum terlaksanakan secara fair, jujur, dan demokratis. Serta menghindari terjadinya kecurangan seperti politik uang, intimidasi, atau manipulasi suara,” ungkap Fauzan Hamid.

Pengawasan juga dapat dilakukan oleh lembaga-lembaga yang independen dan netral. Seperti Komisi Pemilihan umum (KPU), Badan Pengawas Pemilihan umum (Bawaslu), serta organisasi masyarakat sipil dan media.

“Pengawasan Pemilu juga perlu mendasari pada indeks kerawanan-kerawanan. Yang dapat dijadikan tolak ukur pada hal apa saja yang akan menjadi urgensi dalam pencegahan dan penanganan pelanggaran,” terangnya.

Fauzan Hamid menambahkan, bahwa tahapan Pemilu akan memasuki masa kampanye mulai tanggal 28 November 2023. Dengan masa kampanye selama 75 hari hingga tanggal 10 Februari 2024. Oleh karena itu, Bawaslu Kota Tegal hari ini menggelar “Apel Siaga Pengawasan Kampanye Pemilu 2024”.

“Kami berpesan kepada seluruh jajaran pengawas Pemilu se-Kota Tegal, dalam menjalankan tugas pengawasan pada tahapan kampanye agar mengedepankan pencegahan serta menciptakan pengawasan Pemilu yang HUMANIS (Hirarki, Umum, Mentalitas, Amanah, Netral, Integritas, Sinergi),” pesannya.

Seluruh Komponen Masyarakat Wajib Mensukseskan Pemilu 2024

Sementara itu, masih dalam giat yang sama, Wali Kota Tegal, H. Dedy Yon Supriyono menyampaikan, bahwa Kirab dan Apel Siaga Pengawasan Tahapan Kampanye Pemilu 2024 ini mengingatkan kita akan tugas penting untuk mensukseskan Pemilu 2024. Dan untuk memperkuat koordinasi dengan semua pihak yang terlibat dalam proses pemilihan umum.

Wali Kota berharap kegiatan Kirab dan Apel Kesiapan Pengawasan Pemilu 2024 dapat menjadi ajang meningkatkan semangat persatuan. Serta menjadi langkah awal menuju pemilu yang berintegritas dan memberikan dampak positif bagi masyarakat Kota Tegal.

“Sudah menjadi kewajiban kita semua untuk memberitahukan kepada masyarakat. Bahwa kita harus mensukseskan pelaksanaan pemilu tahun depan,” kata Wali Kota Tegal.

Lebih lanjut Wali Kota mengimbau, peran aktif dari seluruh komponen masyarakat. Dalam memastikan proses demokrasi yang berkualitas. Agar penyelenggaraan pemilihan umum tahun 2024 di Kota Tegal dapat berlangsung sukses, aman dan damai.